Friday, July 14, 2017

Taukah Bunda? Dampak Buruk Jika Sering Membentak Anak

Apakah bunda sering berteriak atau membentak si kecil? atau sering memukul juga memberikan ancaman fisik sebagai hukuman jika si kecil berbuat buruk? hati-hati ya bun.. anak bunda akan berisiko tinggi mengalami kendala atau masalah dalam pengaturan emosionalnya serta pendidikannya.

dampak sering memarahi anak

Taukah bunda dalam setiap kepala seorang anak terdapat lebih dari 10 trilyun sel otak yang siap tumbuh. Satu bentakan atau makian saja mampu membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga. Dan hanya dengan satu cubitan atau pukulan mampu membunuh lebih dari 10 milyar sel otak. Sebaliknya 1 pujian atau pelukan akan membangun kecerdasan lebih dari 10 trilyun sel otak saat itu juga. Orangtua yang sering berteriak, membentak, memukul, atau menggunakan ancaman fisik kepada si kecil dapat berpengaruh negatif terhadap pendidikan dan perilakunya di masa depan.

Saat usia anak masih di bawah 10 tahun, mereka tidak akan melawan atau balas membentak. Karena sikap pasif mereka itu, bunda jadi tidak bisa mengukur seberapa besar dampak psikologis yang ditimbulkan dari membentak. Sedangkan anak cenderung untuk meniru perilaku orangtuanya. Seorang anak yang selalu dibentak, diomeli, atau dimarahi, akan tumbuh dengan keyakinan bahwa tidak salah jika dia berkomunikasi dengan menggunakan bentakan, omelan, atau kemarahan seperti apa yang ia dapatkan dari orang tuanya. Dia juga cenderung akan memiliki sifat pemarah, egois, judes karena dia dibentuk dengan kemarahan oleh orang tuanya.

Selain itu dampak negatif dari anak yang dibesarkan dengan kekerasan biasanya menjadi sering berkelompok bersama teman yang lain dibandingkan dengan keluarganya, sehingga sering melanggar beberapa aturan orang tua. Hal tersebut, dapat membuat mereka terlibat dalam perilaku menyimpang saat berusia remaja. Perempuan remaja akan lebih sering terlibat dalam perilaku seksual, sedangkan laki-laki remaja akan masuk dalam perbuatan pencurian atau pemukulan.

Dampak negatif lainnya yaitu ketika orang tua berbicara dengan nada tinggi alias membentak, dapat mengakibatkan anak terganggu perkembangannya dan mengalami gangguan pada pendengaran. Selain masalah pendengaran, juga masalah hati yang "terluka" karena sang anak menerima perlakuan buruk, hasilnya anak akan kesulitan untuk tumbuh menjadi pendengar yang baik.

Nahh bunda, hati-hati ya bun kalo memarahi anak. Dan jangan pakai kekerasan agar tumbuh kembang si kecil tetap terjaga dengan baik.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon