Sunday, August 20, 2017

Waspadai kanker pada daun telinga

Jadwal cek-up bulanan si abi sudah tiba, yaa.. untuk sementara setiap 3 bln sekali si abi cek-up rutin ke dokter bedahnya. Guna memantau perkembangan sisa masa hygroma colli di lehernya apakah membesar,atau tumbuh lagi dan konsul tentang problem-problem yang di alami si abi seputar bekas luka operasinya.

kanker daun telinga dan penyembuhan secara injeksi

Saat ngantri sambil nunggu giliran, seperti biasa mam abisha duduk di kursi belakang ruang tunggu sambil mainan sama abi biyar gak rewel ngantri lama sedangkan si papy duduk di bangku depan sambil asyik maen game hp (haauuffhh.. dasar si papy). Lagi ngajak abi nyanyi sambil tepuk tangan, tiba-tiba ibu yang duduk sebelah bertanya "dedeknya sakit apa mbak?" trus ku jawab "hygroma colli bu.. penyumbatan cairan getah bening". Masya allah.. masih kecil sudah sakit ya dek.. sudah di operasi ya mbak? kok ada bekas lukanya di leher? tanya ibunya lagi. " Sudah bu.. sejak bayi usia 9 hari " jawabku. "Gak papa ya dek.. sembuh yaa.. insya allah sembuh (amin)"  tambah si ibu bicara lagi.

Berawal dari pertanyaan-pertanyaan seputar si abi, si ibu(yang nggak tau namanya) juga jadi cerita karna sama-sama ngantri sebagai keluarga pasien. Lalu akupun jadi kepo balik dong.. tanya-tanya ganti (hihihi). Yang sakit siapa bu?tanyaku. Yang sakit anak saya mbak ini (sambil megang anak cewek di sebelahnya). Sakit apa bu? kepoku semakin menjadi. Dia (anaknya si ibu) sakit kanker daun telinga (si anak masih cuek maen game hp). Kanker daun telinga bu? tanyaku lagi. Malah sudah operasi 3x lho mbak. Operasi sampe 3x bu?tanyaku pun semakin menjadi. Lalu si ibu lanjut cerita.. he'em mbak, kanker daun telinga.  Ya allah.. awalnya tuh aku gak nyangka lho mbak kalo itu tuh ternyata kanker. Wong bentuknya kayak di gigit nyamuk cuma benjol merah setitik di ujung daun telinga sebelah kanan. Alaahh.. beneran kecil kok mbak, pleek kayak gigitan nyamuk persis ock.

Cuma yang aneh itu, setelah tak kasih minyak kayu putih kok gak sembuh-sembuh malah rada membesar. Kan aneeh.. trus tak pikir ya tak bawa aja ke dokter kulit. Dari dokter kulit kan dapet tuh salep, nah sampe di rumah tak kasih tuh salep ke telingane anakku mbak. Kan waktu dulu si adek masih kecil usia 4 tahun mbak, begitu tak kasih salep kok  si adek nangis kejer banget kayak kesakitan gitu mbak. Dan yang bikin aku tambah takut dulu, bekas luka kayak gigitan nyamuk itu yang di kasih salep berubah jadi abu-abu kan serem toh mbak. Udah gitu, lukanya jadi hitam gitu. Yaudah karna bapaknya juga gak tega liat anaknya kesakitan di hentikan itu obat dari dokter kulitnya.

Tapi lama-lama kok jadi membesar benjolannya, tak amatin lukanya mbak kok malah ada kayak akar-akarnya gitu. Jadi makin takut toh aku dulu. Jadi kelihatan gitu bu akarnya? tanyaku makin kepo. Iya mbak,kelihatan benjol berakar kecil-kecil merah gitu.  Lalu aku konsul ke dokter lagi dan di periksa ternyata kanker daun telinga mbak. Totalnya sudah operasi 3x yang pertama pas adek umur 4 th, yang ke dua pas SD kelas 3 sama yang terakhir itu SD kelas 5 ya dek (sambil ngelus pundak anaknya) dan si anak cuma manggut-manggut aja. Lha itu dokter nggak bilang bu penyebabnya apa?tanyaku menggal cerita si ibu. Nggak mbak, gak ada penyebab khususnya, cuma berbentuk seperti gigitan nyamuk dan tau-tau muncul gitu aja. Mungkin karna trauma waktu kecil pas operasi yang pertama toh mbak, si adek tadinya nggak mau pengobatan dokter. Yaudah aku pake cara alternatif toh mbak. Kan juga banyak yang bilang, alternatif bisa mengobati kanker juga.

Huuuhh.. sampe habis-habisan kantong juga harta ku mbak. Bayangin mbak, mulai dari pengobatan di kopeng,purwodadi,magelang sampai akhirnya kembali ke dokter lagi tak lakoni mbak. Pokok'e orang nyaranin apa kemana katanya terpercaya tak jabanin semua mbak, betek-betek kanggo anak (semua demi anak). Yang pengobatan di kopeng itu kan haji mbak, suruh nginep. Nah ada tetanggaku yang sakit kanker payudara tuh bisa sembuh di sana. Makanya aku juga lakonin  berobat di sana. Tapi si anak nggak betah sudah 2 minggu di sana tapi nggak ada perkembangan apapun, malah kesakitan si adek. Yaudah.. berarti nggak jodohmu nduk berobat alternatif, trus ya sudah kembali ke pengobatan medis lagi sampe akhirnya operasi 3x.  Lah delalahe kih mbak, anakku tuh bongsor dan hormonnya berkembang pesat sehingga kankernya juga berkembang cepet banget. Penyakit kayak gini ni juga kan di pengaruhi hormon mbak. Trus bu, sudah operasi 3x sudah hilang semua kankernya bu? tanyaku lagi. Enggak mbak, seperti ini itu nggak bisa sembuh total mbak, bisane cuma mencegah aja. Makanya tiap  bulan alias sebulan sekali si adek di injeksi buat pencegahan tumbuh lagi.

Hmm gitu ya bu, jadi nggak bisa hilang sepenuhnya ya? Iya mbak, nggak bisa. Yaah.. yang penting kita sudah berusaha buat nyembuhin mbak. Itu semua kan cobaan dari allah, allah yang ngasih allah juga yang bisa nyembuhin. Awalnya sih susah mbak, karna dulu si adek sering di ejek sama temen-temene sampe nangis-nangis nggak mau sekolah. Trus aku beri semangat toh, bilang ya sama temen mu yang ngejek,kalo mau buat kamu aja sakitnya aku ikhlas kok. Yang penting si anak mau nerima keadaannya sendiri gitu mbak. Kita sebagai orang tua kan sudah berusaha nyembuhin buat yang terbaik buat anak, benerkan mbak? Bener sekali itu bu.. jawabku. Seperti mbak juga yang berusaha nyembuhin adek kecil yaa.. sembuh ya dek.. (sambil tangannya si ibu ngajak mainan si abi). Sambil cerita-cerita tau-tau si abi ikut nimbrung ngomong gak jelas dengan bahasa bayinya. Hahaha si ibu ketawa, liat abi ikut nimbrung emaknya ngobrol. Akhirnya giliran si ibu dulu yang masuk buat ketemu dokter bedah. Uda dulu ya mbak.. tak masuk dulu, kata si ibu. Iya buu.. semangat ya mbak.. kataku nyemangatin anaknya si ibu yang sekarang udah kelas 2 SMP.

Bener juga kata si ibu, besok pun keadaannya juga nggak akan mudah buat si abi. Mungkin akan ada ejekan-ejekan teman-temannya tentang kondisinya nanti. Yang akan membuat si abi minder. Huufhh.. PR buat ku kelak(agak takut kalo membayangkan), agar mampu membuat si abi percaya diri dan mampu menerima kekurangannya sendiri. Mami sayaaangg kamu bi.. ❤❤❤❤❤

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon