Friday, January 12, 2018

Perlunya "Me Time" bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga ternyata nggak segampang penglihatan ya moms. Yuuppzz.. karena sudah ku alami sendiri, resign dari kerjaan hanya demi ngurus si abi full time. Awalnya dulu waktu belum punya baby sendiri ngeliat wanita yang cuma jadi IRT di rumah tu mah enteng banget, seberat-beratnya pekerjaan rumah saat capek uda bisa istirahat trus tidur pasti uda cukup di bandingkan sama capek karena kerjaan di kantor. Uda istirahat dan tidur pun masih kerasa capeknya di pikiran.

perlunya me time untuk ibu rumah tangga

Tapi semua persepsi itu luntur sudah seperti tersapu ombak di pantai setelah ngejalanin sendiri. Menjadi ibu rumah tangga full time ternyata lebih melelahkan ya moms. Saat menjadi wanita pekerja, setidaknya kita masih punya waktu sampingan buat sekedar minum kopi di kantin, bercanda dengan teman sekantor ataupun menyempatkan waktu saat jam istirahat untuk ngafe or shopping (hihihi pengalaman pribadi). Sedangkan menjadi ibu rumah tangga full time itu dengan rutinitas pekerjaan wajib rumahan dan fardu'ain ngejagain anak. Jam kerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, menghadapi anak-anak lengkap dengan segala problematikanya. Satu-satunya me time yang ada adalah saat si kecil tidur.

Ekspektasinya sih saat si kecil tidur kita para moms akan melakukan beberapa hal sederhana untuk me time seperti bersantai sambil ngopi, atau sekedar menikmati semangkuk mie rebus juga bahkan cuma sekedar mandi sambil luluran. Tapi fakta yang sering terjadi di lapangan adalah meminum kopi yang sudah dingin, mie rebus yang sudah overbigg karena melar dan tetap dengan jurus mandi bebek karena si kecil tiba2 bangun dan rewel. Belum lagi dengan pekerjaan rumah yang sudah seperti gulungan tissue yang nggak ada habisnya. Hauuuffhhh.... its so amazing ya moms, capeknya (terkadang kangen kerja kantor lagi). Nahh.. maka dari itu "me time" sangat di perlukan bagi ibu rumah tangga full time karena kalo tidak moms full time bisa ngalamin stress dan depresi tingkat dewa lohh.

Definisi "Me Time" sendiri adalah sarana untuk membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari guna mendapatkan energi baru untuk menghadapi rutinitas itu lagi. Karena me time dapat memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran kita untuk santai dan membantunya menjadi lebih segar. Me time sangat berpengaruh bagi kita para ibu rumah tangga lho moms. So, me time itu termasuk hal yang penting dan kebutuhan bagi semua orang nggak terkecuali juga ibu rumah tangga.

Berikut efek samping jika moms full time tidak memiliki me time antara lain adalah:

  • Moms memendam stress dan depresi yang dapat meledak sewaktu-waktu seperti bom waktu.
  • Memungkinkan memiliki penyesalan dengan pernikahannya karena tidak lagi merasa memiliki diri sendiri.
  • Moms melampiaskan kemarahannya pada anaknya.
  • Sering mengomel dan menggerutu pada suami karena merasa tidak puas dengan diri sendiri.
Seorang pekerja aja butuh liburan, kenapa kita moms full time nggak? Me time nggak harus mewah dengan berlibur kok, me time bagi para ibu rumah tangga bisa dengan melakukan hal sederhana dalam beberapa menit dengan tidak adanya gangguan satu pun. Kuncinya adalah meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal yang moms nikmati. Menyediakan waktu untuk diri sendiri, bukanlah sesuatu yang egois dan lari dari tanggung jawab. 

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dicoba moms full time sebagai me timenya:
  1. Nonton bersama sahabat ke bioskop bisa menjadi alternatif me time bagi para ibu rumah tangga.
  2. Menulis juga bisa jadi me time pilihan dan sarana curhat bagi moms full time seperti bikin puisi, ngeblog ataupun menulis status di medsos moms.
  3. Membaca buku seperti novel dan lainnya bisa menjadi sarana me time moms. Sambil merealitakan buku bacaan mana yang ingin di kelarkan membacanya setelah sekian lama terbengkalai.
  4. Mentraktir diri sendiri menjadi salah satu pilihan me time yang juga bisa moms lakukan lho, pilih makanan favorite moms.
  5. Pijat dan perawatan. Hmmm.. ini sih menjadi pilihan andalan saya ya moms kalo bisa memiliki waktu untuk me time 😍😍.
  6. Shopping juga menjadi pilihan andalan bagi para moms saat me time. Bisa dengan shopping langsung ataupun online shop ya moms. Kalo yang ini pasti di jamin stress hilang deh.. 😄😄.
  7. Mendengarkan musik sambil menggerakkan badan dan pinggul sebentar juga dapat menghilangkan penat lho mom, recomended untuk pilihan me time juga.
  8. Olah raga. Menyempatkan untuk lari pagi keliling kompleks ataupun yoga/aerobic sebentar menjadi alternatif me time yang bisa moms pilih. Kalo ini bisa sehat jasmani rohani juga ya moms.
Naah.. moms bisa mulai bernegosiasi dengan suami untuk me time moms. Bagi para paps nih.. beri pengertian dikit ya buat para moms agar memiliki me time sejenak. Asuh si kecil dan bantu pekerjaan moms full time sebentar. Agar nantinya si moms bisa relaxs dan siap bertempur kembali ke medan perang, serta paps jadi aman sentosa nggak dapat omelan nggak jelas terus juga 😄😄😄.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon