Wednesday, April 25, 2018

Dampak Buruk Menyusui Sambil Main HP

Hmm.. sekarang lagi jamannya tren kata kekinian ya bun, termasuk gaya hidup dan cara pengasuhan anak. Banyak ibu2 yang mengandalkan sosmed sebagai sarana melepas penat sejenak atas rutinitas dan salah satu medianya adalah handphone. Era digital sekarang sudah menguasai dunia, dengan segala kecanggihan dari fitur2 dan aplikasi yang ada membuat penggunanya tak luput dari kata "update" setiap harinya.

dampak buruk menyusui sambil main HP

Tentunya juga termasuk para ibu2 yang sedang mengasuh bayinya. Pernahkah bunda menyusui sambil memainkan hp? Kebanyakan jawabannya pasti pernah. Beberapa ibu memilih nyambi bermain hp untuk mengusir kejenuhan saat menyusui. Entah untuk update sosmed, game dan lain2. Meski tampaknya aktivitas ini tidak berbahaya, ternyata ada dampak buruk yang bisa terjadi pada si kecil lho bun. Yuk simak dampak buruk yang bisa di timbulkan terhadap anak!

 Dampak buruk menyusui sambil main HP adalah:

  • Momen bonding terganggu

    Saat bunda menyusui, mungkin pikiran bunda bisa terbelah kemana-mana. Apalagi jika bunda bermain HP, bunda akan lebih fokus kepada HP. Padahal, bagi si kecil, anda adalah dunia mereka, anda adalah segalanya. Biarkan si kecil menikmati kebersamaan dengan bunda. Sehingga keterikatan batin antara bunda dan si kecil tidak akan terganggu.
  • Perhatian ibu teralihkan

    Tetap fokus saat menyusui juga membantu bunda mengetahui apakah si kecil sudah selesai menyusu atau belum. Bunda akan mudah memahami apakah bayi sudah kenyang atau belum.
  • Bayi rewel karena merasa di acuhkan

    Saat menyusui, biasanya bayi akan menatap ke arah mata ibu. Pada saat itulah terjadi kontak mata antara ibu dan anak. Saat2 seperti ini merupakan saat yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan bayi. Ibu bisa menyampaikan semua pengharapan dan doa ibu pada bayi, agar ia tumbuh sehat, cerdas, sholeh/sholehah dll. Saat terjadi kontak mata, jika ibu malah sibuk bermain HP tentu akan menyakitkan bagi bayi. Bayangkan jika ibu mengajak ayah ngobrol, tapi ayah malah sibuk nonton Piala Dunia, tentu menyakitkan bukan?
  • Bahaya radiasi HP pada bayi

    HP dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mengakibatkan perkembangan kognitif anak lebih lambat. Radiasi ini juga dapat mengganggu perkembangan2 lainnya pada bayi. 
Naahh.. sudah taukan bun dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari bermain HP sambil menyusui? Yuukk.. segera hentikan kebiasaan tersebut! 😊

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon