Thursday, April 20, 2017

Cara mengatasi BAB tidak lancar pada bayi

Bayi bunda sering BAB tidak lancar? bahkan kadang harus menunggu 5-6 hari untuk bisa BAB? jangan panik bun.. itu masih hal yang wajar. Pola buang air besar pada bayi pada dasarnya memang kerap kali berubah-ubah. Untuk bayi yang baru lahir dan ASI eksklusif umumnya bayi BAB 4x sampai 5x setiap harinya. Tapi untuk bayi yang minum susu formula biasanya buang air besar 2x sampai 3x setiap harinya (bayi 1 bln).


Bayi yang minum susu formula lebih rentan untuk BAB tidak lancar, seperti anakku. Pertama kali bayiku tidak BAB selama 5 hari sungguh bingung rasanya. Karena dia sudah mulai rewel,juga susah untuk minum susu. Saat itu usia anakku belum ada 6 bulan,jadi asupannya cuma susu aj. Kebetulan anakku minum susu formula + asi (selang-seling karena asi ku kurang lancar). Bayi yang minum susu formula biasanya lebih rentan untuk sembelit/bab tidak lacar. Sembelit pada bayi hanya berlangsung sementara, dan batas umunya anak tidak buang air besar adalah 7 hari. Begitu keluar tinja/feses pasti keras dan berwarna tidak kuning. Selain itu bayi bunda menangis rewel karena nyeri di sekitar anus, perut keembung,perutnya keras kalo di raba.

Bab tidak lancar pada bayi juga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah:

  • Faktor susu: Bayi yang mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) akan sangat jarang mengalami sembelit karena ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi dan lebih mudah dicerna. Sedangkan bayi yang minum susu formula memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami masalah susah BAB, karena kandungan lemak dan protein pada susu formula tidak seimbang.
  • Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Ini sering terjadi pada bayi yang usianya belum 6 bln tapi sudah di beri MPASI. Pada kondisi sudah mendapatkan makanan tambahan, mungkin saja bayi akan mengalami sembelit karena usus belum terbiasa mencerna makanan yang teksturnya agak lebih kental/padat. Untuk itu, butuh asupan cairan yang lebih banyak dan juga serat untuk membantu kerja usus dalam mencerna makanan dengan tekstur dan komposisi gizi yang baru.
  • Anus bayi terluka: Bayi bunda merasa kesakitan setiap kali berusaha untuk BAB karena gesekan tinja yang keras melukai permukaan anus sehingga berdarah. Karena tidak ingin merasakan sakitnya saat mengejan membuat bayi malah cenderung untuk menahan atau menunda tinjanya untuk tidak keluar.Ini artinya tinja akan semakin lama berada dalam usus bes ar, semakin keras dan semakin sulit untuk dikeluarkan.
Apabila bayi bunda mengalami sembelit atau susah BAB jagan langsung panik dulu ya bunda. Ada beberapa tips untuk mengatasi sembelit pada bayi bunda yaitu:
  • Bagi bayi bunda yang minum susu formula,perhatikan takaran saat pembuatan susu untuk di berikan pada bayi. Sebaiknya jangan terlalu kental karna akan membuat feses bayi bunda menjadi keras. 
  • Oleskan minyak bayi di daerah sekitar anus bayi. Hal ini bisa membantu bila pada anus bayi terdapat lecet atau luka.
  • Pijatlah dengan lembut perut bayi bunda. Pijat dari pusar ke arah luar dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Bisa menggunakan krim atau minyak pijat bayi yang dapat memudahkan tangan bunda melakukan pijatan dengan lembut.
  • Baringkan bayi bunda dalam keadaan terlentang dan lakukan gerakan kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda di udara. Hal ini dapat membuat otot-otot perut bayi bergerak dan memberikan tekanan lembut di usus besar sehingga memudahkan bayi untuk BAB.
  • Berikan senam kaki pada bayi bunda. Caranya baringkan bayi bunda,lalu tekuk kedua kaki bayi bunda ke atas setara dengan perut tapi agak ngankang ya bun gerakan kakinya(seperti jongkok)lalu luruskan lagi kakiya. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang. Gerakan ini memacu anus sehingga bayi bunda ingin mengedan dan BAB. (cara ini paling ampuh loh bun.. saya sudah buktikan sendiri).
Tapi bila beberapa cara di atas belum merangsang bayi bunda untuk BAB sebaiknya bawa bayi bunda ke dokter anak saja ya bun.. Untuk di konsultasikan dan dapat obat pelancar pencernaan. Upzz.. udah dulu ya bun, anak ku udah bangun dari tidurnya nih.. maw bikin susu dulu ☺

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon