Friday, April 7, 2017

Gondongan pada bayi

Gak nyangka di usia anakku yang baru 5 bulan sudah terkena penyakit gondong. Karena biasanya penyakit gondong akan menyerang anak-anak di atas 2 tahun, jarang sekali penyakit ini menyerang bayi. Gondongan adalah infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur dengan disertai nyeri. Penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxovirus.

Tadinya aku gak taw kalo anakku terkena gondong, karena dia hanya mengalami demam. Aku kira hanya demam biasa jadi hanya aku kasih obat penurun panas. Setelah minum obat penurun panas,panasnya memang langsung turun tapi selang beberapa jam uda demam lagi dan makin lama makin tinggi demamnya. Di hari yang ke-3 demamnya mencapai 40°C akhirnya aku bawa anakku ke dokter karena takut. Pada dokter aku menceritakan tentang demamnya juga leher anakku mengalami pembengkakan(karena takut kalo-kalo bekas jahitan operasinya mengalami peradangan).Setelah di periksa mulut,mata juga meraba di bagian leher bawah rahang kiri, dokter memvonis anakku terkena gondong(sedang musim).

Beliau menjelaskan area gondong yang biasanya dari belakang telinga hingga di leher (rahang bawah). Berhubung ada bekas jahitan di leher anakku, jadi pembengkakannya tidak di rahang bawah melainkan di leher bagian bawah dagu. Di area yang membengkak itu terlihat memerah. "Emangnya gondong menyebabkan demam tinggi ya dok? juga selalu rewel? apa karena demamnya yang tinggi ya dok?"tanyaku pada dokter. "Gondong emang selalu di sertai demam bu,akan hilang kalo gondongnya juga sudah hilang. Buat nelen ludah aja sakit sekali pada orang dewasa,apalagi buat bayi bu??jadi wajar saja ya bu..kalo adeknya rewel terus"jawab bu dokter.Setelah tanya-tanya seputar gondong pada dokter, akhirnya dokter hanya memberi obat anti nyeri saja untuk meredakan nyerinya.Karena menurut dokter, tidak ada obat untuk gondong ini. Semua hanya bergantung kekebalan tubuh pada anak itu sendiri. Dan untuk demamnya, dokter menyarankan tetap memberikan obat penurun panas untuk meredakan demamnya.

"Umumnya gondongan itu 1 minggu sudah hilang, tapi ada juga yang sampai 2 minggu baru hilang.. jadi ibu sabar ya ngadepin rewelnya adek" bu dokter menyemangatiku. "Sebenarnya ada vaksin untuk gondong bu yaitu MMR, tapi vaksin ini baru di berikan saat usia adek 12 bulan"tambah bu dokter. Baru 3 hari aj BB anakku udah turun 3 ons. Duuh.. cepet banget yah turunnya,padahal buat naikin BB aja susahnya minta ampun. Benar.. selama gondongan anakku memang susah banget buat minum susu. Rasanya seperti kesiksa kalo liatnya. Pengen minum tapi susah buat nelen karena sakit, hanya bisa menangis rewel. Kesian banget deh.. hampir maw setres mikirin anakku yang gak bisa minum susu.

Dengan sabar aku telatenin dia buat minum susu, sambil nyanyi-nyanyi sambil main-mainan supaya  dia lupa sama rasa sakit buat nelen susunya. Sedikit-sedikit gak papa lah yang penting ada isi di perutnya buat energi. 20 hari anakku baru sembuh dari gondongan (alhamdulilah). Brarti kekebalan tubuh anakku memang agak lemah,karena melebihi batas wajar penyembuhan anak normal. ☺☺
Tapi ada sedikit yang membuatku agak risau,karena di leher bawah juga ada benjolan memerah tapi empuk kalo di raba. Takutku adalah getah beningnya kambuh lagi. Setelah ku amati 4 hari pasca gondongannya sembuh, ternyata benjolannya mengecil dan menghilang. Syukurlah.. itu hanya reaksi dari getah bening akibat adanya infeksi di area lehernya saja.
Oh iya.. ada satu lagi yang ku ingat. Selama gondongan anakku yang biasanya ngeces(keluar liur netes-netes dari mulut) selama gondongan sama sekali tidak ngeluarin iler-nya. Lucu juga yaaaa.. ☺☺☺☺




Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon