Monday, May 29, 2017

Pasca operasi Hygroma colli

Haii bunda cantik.. gimana kabarnya? dan gimana kabar dedeknya bun? Semoga sehat-sehat semuanya ya.. amin. Mam abisha kini akan curhat lagi, pasti seputar tentang abisha juga,, hihihi. Alhamdulilah abisha sekarang sudah berumur 8 bln bun, meski tidak mudah dalam ngerawat abi tapi aku tidak pantang nyerah. Yaaahh.. setelah si abi ngelewatin masa kritis karena operasi hygroma colli pada bayinya dulu (waktu baru lahir),kini perawatannya pun tidaklah gampang.


Setelah operasi perjuangan abi masih belum selesai. Memang benjolan di lehernya sudah hilang tapi dia masih harus berjuang agar bisa minum susu. "Pasti sakit.. orang dewasa aja masih ngerasain sakit abis operasi cuma di perut,apalagi anakku? Dia kesusahan buat ngisep dan nelen pasti" batinku menangis sendiri bun saat liat kondisi abi. Alternatifnya abi masih pake selang OGT buat minum di rumah. Efek dari hygroma colli ini sangatlah besar. Karena tekanan sumbatan limpha di leher yang sangat besar, itu mempengaruhi beberapa saraf di leher juga di wajah abi. Terutama wajah sebelah kiri abi, beberapa sarafnya seperti tidak berfungsi. Detailnya.. kelopak mata kiri abi tidak bisa menutup dengan sempurna, jadi saat abi tidur mata kirinya seperti masih terbuka. Dia juga tidak bisa mengedipkan mata kirinya. Selain mata yang tampak jelas adalah bibir. Bibir abi seperti merot ke kanan,ini karena saraf bibir abi yang sebelah kiri terlalu lama mendapat tekanan sejak dalam kandungan. Lidah abi pun naik ke atas, tidak seperti anak pada umumnya. Itu ngebuat abi tambah semakin sulit untuk minum menggunakan dot. Pipi kirinya juga bengkak besar. Beberapa saraf di pipinya juga tidak berfungsi, seperti saraf air liur. Jadi sejak bayi sampai usia 4 bln abi tidak punya air liur.

Gangguan nafas juga di alami abi setelah pasca operasi. Setiap kali bernafas pasti di sertai suara grok2 seperti banyak lendir yang ngendap di tenggorokannya. Huuuffhh.. sedih bun tiap kali denger nafasnya si abi. Sampai aku terapi kan agar lendirnya bisa keluar. Ini ternyata bukan lendir,tapi air liur yang seharusnya keluar tapi karena pernah ada tekanan sehingga air liur itu masuk ke dalam tenggorokan dan mengendap. Jadi seperti lendir. Dengan kondisi leher sakit,susah buat nelen dan daya hisap yang kurang kuat abi akhinya aku kasih dot buat alat minum (setelah selang OGTnya tak lepas karena protes orang rumah juga di tarik2 abi terus). Pertamanya emang susah,karena aku harus nempatin dot di atas lidahnya agar abi bisa ngenyut. Lamaaaaaa bangeet abi minum, hanya ku beri 60ml dia ngedot bisa sampai 1 jam sendiri itu pun belum habis. Lalu aku cari akal minumin pake sendok. Alhasil bisa cepat habis emang susunya,tapi dengan tangis yang mendramatisir abi lakukan untuk menolak gak mau mimik pake sendok. Itu pun dengan cara paksa. Itu terjadi hampir 2,5 bln sendiri selang-seling minum pake dot dan sendok.

Lama-lama takut kesedak juga trus ku hentikan minum pake sendoknya. Karna abi seperti trauma dengan sendok sih bun, baru liat sendok langsung nangis kejer, hihihi. Trus suami pulang kerja bawa dot baru yang bisa di pencet. Ini sangat membantu banget buat minumnya abi,karna dengan di pencet pelan2 aku bisa bantuin abi saat minum. Jadi abi gak perlu ngabisin beberapa jam dulu buat bisa minum satu botol penuh(senengnyaaa). Efek hygroma colli juga sangat mempengaruhi sistem imun abi. Daya tahan tubuh abi sangat kurang,jadi dia rawan sakit bun. Gampang banget sakit terutama kalo terserang batuk pilek, baru sembuh sudah sakit lagi. Makanya aku pilih imunisasinya pun yang minimalis panasnya bun.. takut sakit berkepanjangan soalnya. Menaikkan BB nya pun susahnya bukan main. Gimana tidak? baru sebulan bisa naik 5 ons lalu sakit BB nya sudah turun lagi 1kg. Masya allaahh.. ekstra sabar banget dan harus telaten bener aku bun.

 Abi masih rutin kontrol seminggu 1x trus 1bln 1x serta 2bln sekali dan seterusnya waktu bun. Untuk memeriksa jahitannya (karna ada bagian yang emang sengaja di buka agar cairan limphanya bisa menutup sendiri). Alih profesi jadi  suster untuk abi,tiap hari aku ganti dan bersihin sendiri luka jahitan abi di rumah. Serta ngejaga agar tetap bersih, karna kalo  abi gak mandi sekali aj langsung tumbuh benjolan kecil di leher seperti nanah bun. Aku pun relakan perkerjaan ku alias resign dari perusahaan(meski bos dan kawan2 ngrewelin gak boleh resign). Mau konsentrasi ngerawat si abi sampai benar-benar sembuh dan berkembang seperti anak2 seusianya tanpa rasa takut. Sekarang sih udah 3bln sekali kontrolnya karna kondisi abi sudah membaik,hanya tinggal amati di bagian leher depan(rumah getah bening). Semoga sehat selalu ya dek.. dan semoga tidak ada kabar yang buruk lagi kedepannya tentang  penyakit yang pernah singgah di lehermu (amin).

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya

8 comments

Selamat pagi mbg, mau nanya, anaknya waktu terkena hygromacolli t seperti apa ya, soalnya anak saya jg ada bengkak di lehernya.

@anonymous.. Sore bunda, maaf baru bls komentarnya.ciri2 fisik dr hygroma colli itu benjolan di leher yg makin lama makin membesar dan bila di tekan itu empuk bunda, krn sebagian besar itu isinya cairan. Dan biasanya benjolan itu akibat penyumbatan di saluran limfanya.

assalamualaikum. mau tanya untuk operasi hygroma, harus cek apa dulu ya? cek darah/gula dll. Terima kasih

Wa alaikum salam. Bunda @bella.. Untuk penentuan apakah itu benjolan hygroma atau hal yg lain lebih baik cek ke rumah sakit aj. Nnt segala prosedur yg di butuhkan akan di lakukan pihak rs untuk menentukan jenis penyakitnya. Biasanya sih bun tes lab darah, diambil sampel dr isi benjolannya, ronsen/usg atau mri jg bun..

Mam Abisha...aku saat ini sedang mengandung ditemukan higromacoli dileher nya ..kt dokter normalny 3 tp anakku 8 tebalny..
Setelah melahirkan apakah bayi bs langsung di bw pulang atau masih di tahan di Rs..untuk memantaunya?
Makasih..

Biasanya melahirkan dengan operasi Caesar bun, dan setelah bayi lahir akan di observasi dl jenis hygroma nya. Apakah membahayakan pernapasan bayi atau tidak. Jika hasilnya hygroma tll besar dan bisa menganggu pernapasan mungkin akan ada tindakan selanjutnya. Tp jika hasil tdk menggangu pernapasan maka boleh di bawa pulang tp ttp kontrol rutin bun..

Hallo kak mw tanya pas awal ketauan berapa cm higroma nya??


EmoticonEmoticon