Sunday, June 11, 2017

Bekas anastesi operasi caesar bikin nyeri punggung

Pernah ngerasain nyeri di punggung yang amat tajam gak bun? Tapi ini khusus untuk bunda-bunda yang pernah  melahirkan secara operasi caesar lhoo. Mendadak punggung terasa sangat nyeri dan rasanya mengingatkan kita saat operasi caesar akan berlangsung. Yaappzz bener banget, dan rasa nyeri itu tepatnya di punggung yang dulu tempat di suntikannya jarum anastesi (pas jarum masuk gak terasa sakit, tapi begitu obatnya masuk.... ). Beeuuhh... cleng-cleng gimana gitu deh rasanya (seperti trauma). Kenapa ya bun kok nyeri punggung itu masih kita rasain, padahal udah gak operasi lagi? dan operasi itu juga sudah beberapa bln yang lalu padahal? Nah.. ini jawabannya...

nyeri punggung pasca operasi caesar

Saat melahirkan secara caesar, umumnya dokter akan memberikan suntik anestesi spinal agar bunda tidak merasakan nyeri saat proses operasi. Anestesi spinal dilakukan dengan menyuntikkan obat ke dalam dan mendekati saraf tulang belakang. Rasa sakit di punggung akibat anestesi spinal ini bisa saja terjadi. Melahirkan secara caesar akan mengalami nyeri punggung yang lebih berat, karena ini bagian proses pemulihan dari operasi yang telah dilakukan. Dan sumber rasa nyeri ini berada tepat pada bekas tusukan jarum suntik saat dilakukan bius lokal.

Tapi kenapa sudah lama operasi caesarnya, masih saja terasa nyeri? beberapa penyebab lain juga bisa mempengaruhi nyeri tersebut sehingga terus menetap. Beberapa hal tersebut diantaranya :

- Bekas tusukan anastesi / obat bius
- Melahirkan secara caesar yang menuntut berbaring lebih lama, sehingga memperburuk kondisi nyeri pada punggung
- Postur tubuh yang tidak baik ketika hamil
- Berat badan yang bertambah, sehingga menambah beban pada punggung
- Keletihan akibat mengurus bayi dan posisi tidur yang salah

Makanya, bagi para bunda yang habis melahirkan secara caesar biasanya tidak disarankan melakukan gerakan yang terlalu mendadak dan drastis serta harus menghindari mengangkat beban berat.

Sebagai penanganan awal, bunda bisa tempelkan koyo atau oleskan balsem di punggung untuk mengurangi rasa sakitnya. Atau bila sakit yang terlalu tajam, minum obat anti nyeri saja bun. Selain itu lakukan gerakan senam ringan untuk peregangan setiap hari. Tapi bila nyeri punggungnya semakin menjadi dan terasa parah menurut bunda, jangan segan-segan kosultasikan ke dokter ya bun.. agar di lakukan pemeriksaan penunjang.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon