Friday, July 28, 2017

Alergi makanan dapat menyebabkan diare pada si kecil

Alergi makanan dalam tubuh artinya adalah system kekebalan tubuh dimasuki oleh substansi atau makanan yang salah. Seperti yang pernah mam abisha bahas waktu lalu tentang alergi pada anak, sekarang si abi juga ngalamin sendiri nih.

alergi menyebabkan diare

Bentuk reaksi tubuh dari alergi sendiri bermacam-macam, kalo si abi saat ini sedang diare karena alergi makanan. Yapz.. sejak usia abi 8 bln, abi aku kenalkan beberapa bahan makanan sehat. Seperti sayuran, ikan, telur, daging dan buah. Naahh.. dalam awal minggu ini aku kenalin udang pada abi. Aku campur menu Mpasi si abi dengan udang bun. Sama mau ngetes apakah si abi punya riwayat alergi pada seafood seperti papinya gitu.

Dan ternyata jreng jreng jreng.. setelah pemberian 2x yaitu sarapan pagi serta makan siang, si abi BAB yang biasanya sehari 1x hari itu menjadi 3x. Aku pikir masih wajar saja karna fesesnya juga banyak serta masih sewajarnya aja. Di hari berikutnya aku gak kasih tambahan apa-apa, cuma bubur bayi aja sambil liatin apakah ada efek samping dengan menu udang kemaren. Dan gak di sangka.. seharian abi BAB sampai 8x itu pun baru sampe jam 18.00 sampai badan abi gak seaktif biasanya.

Sebelum sampai 8x sih uda aku kasih obat diarenya (stok di kulkas) 1 sendok, intensitasnya sudah lumayan agak berkurang tapi tetep aja nyampe 8x. Akhirnya aku priksain deh abi ke dokter anak langganan abi. Sampai di sana di tanyain sama bu dokter, " dedek salah makan ya bu? habis makan apa dedek nya bu kok sampai diare yang lumayan sering". Kemarin aku kasih udang bu buat campuran menu Mpasi nya" jawabku. Hmmm berarti adek alergi ini bu, tambah bu dokter. "Emangnya alergi bisa nyebabin diare ya bu? tanyaku ke bu dokter. Iya bu.. selain gatal,ruam merah, sesak napas, diare juga termasuk bentuk dari alergi. Besok lagi jangan kasih adek udang ya bu.. karena adek sudah alergi udang. Biasanya sih diare disebabin alergi karna susu sapi, tapi ini beda ya.. (comen bu dokter sambil senyum).

Dedek tak kasih obat nanti langsung di minumkan saat sudah sampai rumah ya bu, biyar gak terlalu lemes adeknya. Sayangnya begitu sampai rumah, si abi uda terlanjur tidur pules. Kalo di bangunin buat  minum obat aja pasti gak mau deh. Yaudah terpaksa nunggu sampai si abi kebangun saat minta susu. Tengah malam abi bangun, ternyata bangun karna BAB lagi. Baru aj aku selesei ganti pampersnya mau ngasih susu eh sudah BAB lagi. Duuhhh.. kesian si kecil ku, pasti mules-mules banget nih perutnya (batinku). Habis minum susu aku beri obatnya, dan paginya sudah agak lumayan hanya 5x BAB.

Empat hari si abi diare, wajahnya sudah kelihatan ciut banget deh.. mukanya juga jadi celong, badannya agak gimbur-gimbur kalo di pejet. Duuhh anakku sayang maafin mami yaaa.. tapi gak papa, dengan gini mami jadi tau adek gak bisa makan udang ☺(dalam hati sedih gak da temen makan seafoodnya kelak). Nah bunda-bunda beri jeda saat memberi menu Mpasi pada si kecil ya bun, agar tau efek samping dari menu yang di berikan tersebut apakah nimbulin alergi apa nggaknya. Juga kenali tanda-tanda alergi pada si kecil ya bun agar tau penanganan yang tepat buat si kecil.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon