Sunday, July 2, 2017

Bahaya Radiasi Ponsel pada Anak

Dengan kemajuan tekhnologi yang sekarang semakin pesat, tak heran sekarang banyak orang yang memiliki ponsel pintar. Bermacam-macam merk gadget canggih muncul dan saling bersaing harga dan keunggulan. Bahkan gadget canggih sekarang bukan lagi menjadi suatu barang mewah yang hanya di miliki orang tua saja, anak-anak juga bisa mempunyai gadget/hp dengan fitur canggih. Ada banyak aplikasi dan permainan yang di tawarkan untuk menerik penggunanya termasuk fitur yang  di sukai anak-anak. Jadi tak heran melihat banyak anak-anak sekarang yang lagi asik bermain hp nya di setiap kesempatan.

bahaya radiasi ponsel pada anak

Tapi bunda, perlu di waspadai juga lho.. saat memberikan/meminjamkan ponsel bunda pada anak!! Ternyata ponsel juga memiliki dampak yang buruk bagi anak. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa untuk mengantarkan suara atau data dari sebuah ponsel ke ponsel lain nya perlu ada nya jaringan sinyal, jaringan sinyal ini disebut gelombang elektromagnetik, dan gelombang ini lah yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, khusus nya kesehatan anak. Karena usia anak di bawah 8 tahun pertumbuhan organ-organ nya belum sempurna. Bahaya radiasi ponsel bagi pengguna ponsel aktif bisa menimbulkan beberapa gangguan, apalagi untuk anak-anak sangat bahaya karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak itu sendiri yaitu:


  • Merusak DNA Sel Otak

    Rusaknya DNA  pada sel otak anak merupakan bentuk dari bahatya radiasi ponsel yang terpapar selama puluhan tahun. Reaksi kelaian tubuh akibat radiasi ponsel diawali dengan mudahnya tubuh merasa kelelahan, sering jatuh sakit, mudah terserang flu dan sakit kepala luar biasa.

  • Gangguan Fungsi dan Susunan Saraf Otak

    Radiasi ponsel dapat merusak susunan saraf otak dan mengacaukan sistem motorik sehingga menyebabkan otot seputar otak menjadi tertekan dan kelelahan lalu memicu munculnya penyakit parkinson pada anak. Bahaya radiasi ponsel paling klasik diderita hampir oleh seluruh manusia didunia adalah munculnya kerusakan otak. Saat anak sedang asik berjam jam dengan ponselnya setiap hari berpotensi terapapar radiasi langsung yang masuk lewat rongga telinga dan menyebar kejaringan otak paling dalam yang dapat menyebabkan anak menjadi sering lupa, linglung, kebingungan dan daya ingat menjadi berkurang.

  • Mengalami Sakit Kepala

    Meletakkan hp terlalu dekat dengan anak terutama dekat kepala ketika sedang tidur dapat menimbulkan energi negatif RF yang mudah masuk dalam otak dan dapat menyebabkan anak muntah-muntah, tubuh merasa tidak nyaman dan sakit kepala.

  • Memicu Risiko Tumor Otak

    Gelombang elektromagnetik pada ponsel mengandung radiasi kuat yang dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak secara tegak lurus, yang jika digunkan terus menerus maka dapat menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Radiasi ponsel mempercepat pembentukan neoplasma dari sel sel yang tidak wajar menjadi sel kanker aktif pada otak.

  • Anak Menjadi Terlalu Hiperaktif

    Jangan biarkan anak-anak usia dini menggunakan hp terus menerus ya bun, walaupun mungkin hanya tertarik pada jenis permaianan yang ada diaplikasi hp, tetap saja raadiasi yang terpancar dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan. Paparan radiasi hp dapat mengganggu tingkat emosinya, menjadi malas belajar dan terjadi perubahan perilakuu pada anak itu sendiri misalnya anak menjadi mudah tersinggung dan rewel.

  • Merusak Mata

    Ponsel yang diletakan dekat telinga selama berjam-jam menyebarkan gelombang radiasi buruk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah sekitar mata. Tanpa kita sadari kornea mata akan kehilangan kemampuanya mengatur suhu dan air alami diarea mata akibat paparan suhu panas yang diakibatkan oleh radiasi hp. Mata yang terus kontak dengan suhu panas radiasi hp akan menimbulkan pemadatan kabut secara perlahan lalu mengalangi kornea sehingga merusak penglihatan dan dapat timbul katarak.
Nah bunda, maka batasi penggunaan ponsel pada anak-anak ya.. jangan sampai berlebihan. Apalagi bagi bunda yang masih memilik bayi, sebaiknya jauh-jauhin deh hp bunda saat lagi dengan bayi bunda agar tidak berdampak pada kesehatan bayi bunda.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon