Monday, July 17, 2017

Cara Mengontrol Kemauan si kecil

Anak kecil memiliki banyak kemauan yang mintanya harus di turutin semua. Haduuuhhh pusing deh ya bun kalo si kecil minta yang macem-macem dan gak bisa di atur!

mengontrol kemauan anak

Untuk itu kita harus bisa mengontrol kemauan si kecil agar tidak berlebihan sejak usianya masih kecil. Memang sih mengajarkan si kecil untuk menahan kemauannya memang membutuhkan kesabaran dan tidak mudah. Karena itu, ada baiknya bunda menerapkan tips berikut ini agar si kecil dapat belajar menahan keinginannya:

  • Biasakan menabung sejak usia dini

    Dengan mengajarkan dan membiasakan si kecil menabung sejak masih kecil, maka bunda sudah membantu mengontrol si kecil agar lebih hemat dan tidak semua keinginannya harus di penuhi.
  • Hindari menuruti setiap permintaan

    Kadang melihat si kecil menangis sampai terisak-isak karena meminta sesuatu memang tidak tega ya bun, tapi harus di tegakan. Demi kebaikan di masa depan si kecil, jangan turuti semua keinginan yang di minta si kecil. Adakalanya kita harus mengabaikan permintaannya.
  • Tanamkan "perlu kerja keras untuk mendapatkan keinginannya"

    Biasakan mengajari si kecil agar berusaha dahulu sebelum mendapatkan apa yang ia minta. Dengan memberikan syarat yang harus ia penuhi dulu,baru deh berikan apa yang ia minta sebagai hadiah. Dengan begitu si kecil akan lebih menghargai permintaan yang ia ajukan dan benda yang ia inginkan.
  • Ajari merawat benda agar lebih awet

    Saat ia meminta mainan atau bunda berikan mainan, ajari si kecil agar merawat mainan itu. Dengan menanamkan rasa sayang terhadap suatu benda dan memberi pengertian bahwa benda itu akan menangis jika ia sia-siakan/di rusakkan makanya sayangi serta rawat mainan yang ia miliki pada si kecil sejak usia dini akan membuat mainan lebih awet dan mengahargai apa yang ia punya.
Naahh.. bunda, jangan lupa mengontrol kemauan si kecil di rumah ya! agar lebih bermanfaat dan dapat menghargai apa yang sudah ia miliki.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon