Saturday, July 1, 2017

Deteksi Warna Ingus Si Kecil

Salah satu cara mengetahui kondisi kesehatan si kecil adalah dengan mendeteksi ingus anak ya bun. Kadang-kadang kita menemui si kecil tiba-tiba keluar ingus dari hidungnya. Apakah si kecil sedang kena flue ataukah terinfeksi hal lain yahh? Manalagi cuaca sekarang sedang tidak tentu, kadang-kadang ujan juga tiba-tiba langsung panas. Huuuu... galau kali yah langitnya...

kenali warna ingus anak

Ada beberapa warna dari ingus yang bisa kita deteksi lho bun, menyangkut tentang kesehatan si kecil. Berikut deteksi dari warna ingus anak:


  • Ingus anak berwarna bening

    Untuk ingus berwarna bening adalah warna normal dari cairan mukosa atau ingus yang dihasilkan oleh hidung. Ingus dengan warna ini hanya menunjukan peningkatan produksi lendir, hal ini biasanya sebagai akibat yang ditimbulkan oleh reaksi alergi ataupun infeksi virus tahap awal seperti saat anda mengalami influenza dan common cold.

  • Ingus anak berwarna kuning
    Jika si kecil mengeluarkan ingus warna kuning, ini menandakan kalau tubuh si kecil sedang terinfeksi influenza. Pada umumnya penyebab influenza adalah virus. Infeksi virus ini akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Penyebab ke-2 anak terinfeksi influenza adalah alergi. Pemicu alergi ini perlu dicari dan diperhatikan dengan teliti lho bun, misalkan apakah dari debu, udara dingin, sarung bantal, bulu boneka, dll. Faktor-faktor pemicu ini kemudian harus berusaha dihindari. sebaiknya kondisi anak Ibu segera diatasi supaya tidak mempengaruhi kualitas hidup anak Anda

  • Ingus anak berwarna hijau
    Jika si kecil mengeluarkan ingus berwarna hijau ini menunjukan adanya infeksi telinga atau sinus pada si kecil. Perlu diwaspadai ya bunda lendir berwarna kuning kehijauan dapat menjadi indikasi sebagai tanda kemungkinan adanya infeksi telinga dan sinus (sinusitis) yang cukup berbahaya. Apabila hal ini terjadi, maka akan disertai pula dengan gejala lain. Jika tejadi pada sinusitis, maka gejalanya akan disertai dengan demam, tersumbat dan nyeri yang terjadi pada daerah sekitaran wajah hidung dan kening dan ingus yang berbau menyengat mirip dengan bau busuk. Sedangkan pada infeksi telinga gejala lain yang akan ikut dirasakan diantaranya rasa nyeri pada telinga yang terasa tak biasa serta demam yang tinggi. Kedua infeksi ini merupakan infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri yang dibawa bersama influenza. Karena akibat yang ditimbulkan akan berbahaya, untuk itu ketika gejala ini dirasakan sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih pasti dan memadai.

  • Ingus berwarna pink atau merah
    Ingus warna ini menunjukan terjadi kerusakan jaringan lunak di dalam hidung si kecil. Biasanya warna ini terjadi dari ingus yang keluar bercampur darah.

  • Ingus berwarna cokelat

    Jika ingus si kecil berwarna cokelat, ini artinya si kecil telah menghirup benda asing seperti tembakau,debu atau serbuk yang berwarna cokelat.
Naahh bunda.. si kecilnya bunda ngeluarin ingus warna apa nih?? kalo sekiranya ingus sudah sangat mengganggu sesegera mungkin bawa si kecil ke dokter ya bun, agar tidak mengganggu aktivitasnya.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon