Wednesday, October 25, 2017

Susu Formula yang Baik untuk Bayi

Susu adalah kebutuhan pokok untuk bayi, terutama bayi yang masih berusia 0-6 bln. Karena asupan gizi hanya di dapat dari minum susu saja. Tak bisa di pungkiri susu terbaik untuk bayi adalah ASI. Karena kandungan gizi komplit dari ASI tidak dapat di gantikan sekalipun dengan susu formula,selain itu juga tidak memakan biaya ☺.Tapi bagaimana kalau ASI sedikit atau bila masa cuti kerja bunda telah usai? Sedangkan stok ASI tidak mencukupi untuk sehari?

memilih susu formula yang baik untuk bayi

Tentunya bunda akan beralih ke susu formula sebagai pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan susu si kecil (kayak aku yang walaupun cuma ibu rumah tangga, tapi tetep pake tambahan sufor karena stok ASI buat abi gak terpenuhi). Sebagai ibu, pasti di benak bunda muncul pertanyaan sufor apa yah yang baik buat dedek bayi? Saat memilih-milih susu di supermarket pasti banyak tawaran tuh dari mbak-mbak cantik SPG susu buat nawarin produk sufornya. "Sufor ini bu.. baik,banyak gizinya juga banyak hadiahnya" hahaha kata-kata umum yang sering ku dengar saat dulu bingung nyari susu yang tepat buat abi.

Bagi bunda yang lagi galau milih sufor untuk si dedek, ada tips untuk memilih sufor yang baik menurut pengalaman mam abisha.

Tips Memilih SUFOR:

  • Pastikan si kecil cocok dengan sufornya. Yaitu dengan tanda bahwa setelah minum susu, tidak ada efek buruk pada si kecil seperti mencret, muntah atau sembelit.
  • Si kecil doyan dengan sufornya.  Biasanya itu untuk anak usia di atas 6 bln ya bun, sudah bisa bedain rasa kalo di kasih minum susu ini atau itu.
  • Harga susu. Biasanya bagi para ortu nih, harga susu menjadi pertimbangan wajib juga kan? Karena susu ada berbagai macam harga dari yang murah,menengah, sampai mahal. Sebenarnya kandungan pokok semua susu itu sama ya bun baik untuk harga susu murah, menengah & mahal. Yang bedain cuma tambahannya di masing-masing susu tergantung harganya.
  • Mempengaruhi berat badan si kecil. Yaps, tanda si kecil cocok dengan sufor yang di mimumnya adalah berat badan si kecil naik tiap bulannya. Kalo tiap bulan si kecil tidak mengalami kenaikan berat badan setelah minum susu, berarti susu tersebut tidak cocok dengan tubuh si kecil ya bun sekalipun tidak mencret/muntah setelah minum.
Semua susu formula mengandung vitamin dan mineral sesuai kebutuhan bayi ya bun, jadi jangan ragu untuk memilih untuk si kecil.
Ada beberapa saran merk susu yang bisa bunda pilih mana yang tepat untuk si kecil:

*) Susu formula dengan harga murah

Bagi bunda yang ingin memilih susu dengan harga murah, bunda bisa memilih susu merk SGM, Dancow, Frisian Flag, dan Lactogen. Kisaran harga per 800gr nya kurang dari 100 ribuan

*) Susu formula dengan harga menengah

Merk susu formula yang lain dengan harga menengah pastinya harganya sedikit di atas susu murah ya bun, bunda bisa memilih merk susu Bebelove/Bebelac, NutriBaby/Nutrilon, Vitalac,  Sustagen, Lactagrow, Morinaga Reguler. Kisaran harga per 800gr nya antara 100-200 ribuan.

*)Susu formula dengan harga mahal

Jika bunda memilih susu formula dengan harga mahal bisa jadi karena beberapa alasan ya bunda. Karena biasanya susu formula mahal itu termasuk di dalamnya jenis susu khusus untuk bayi. Diantaranya susu khusus untuk bayi prematur, susu khusus untuk yang alergi susu sapi, juga kandungan moricare plus yang membuat si kecil nanti agar lebih optimal. Beberapa merk diantaranya Morinaga Platinum, Pediasure, Enfamil A+, S26 Gold, Similac, Neocote, Nan Pro. Kisaran harga per 800gr nya antara 200-400 ribuan.

Lalu apa sih bedanya antara susu murah, menengah serta mahal selain dari harganya? Pasti bunda-bunda banyak yang mempertanyakan hal itu. Perbedaannya terletak pada zat-zat tambahan yang ada dalam susu tersebut. Untuk susu dengan harga murah di dalamnya terdapat zat pokok untuk bayi seperti Protein, Karbohidrat, Vitamin, Mineral, Omega 3, AA, DHA. Kalau susu menengah di dalamnya selain zat-zat pokok juga terdapat Prebiotik Fos untuk pencernaan, Laktoferin dan Kolin. Sedangkan susu mahal semua zat-zat pokok dan yang terkandung dalam susu menengah masih di tambah lagi zat Prebiotik&Probiotik untuk memelihara saluran pencernaan, Alfa Lactabumin untuk kekebalan tubuh, Omega 6 untuk mempercepat daya tangkap dan daya ingat, Nukleotida untuk meningkatkan antibody, Magnesium untuk kepadatan tulang serta zat khusus untuk alergi atau zat khusus penambah berat badan.

Melihat tambahan plus-plusnya dari sufor mahal kiranya sepadan ya bun sama harganya, hehe. Kayak si abi, sehabis operasi dulu beratnya kecil banget cuma 1,5kg awalnya tak kasih bebelove tapi gak da kenaikan berat badan, atas saran dokter anak suruh ganti neosure dari similac (susu bayi prematur) supaya beratnya bisa naik. Nggak taunya abi malah nggak doyan, nggak mau minum susu. Akhirnya aku ganti lagi Morinaga yang Platinum. Dianya doyan dan suka, minum susunya langsung banyak dan nunjukin perubahan berat badan. Tiap bulan naik (alhamdulilah) yah walaupun harganya juga lumayan menguras kantong di tiap bulannya (hahaha). Tapi nggak apa-apa semua demi anak, asalkan anak sehat dan pinter. 

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon