Friday, November 10, 2017

Tulang Punggung Terasa Dingin? Bisa Jadi itu Nyeri Neuropatik

Ini adalah pengalamanku beberapa bulan terakhir ini bun. Seumur-umur aku belum pernah ngerasain rasa aneh seperti ini. Di musim penghujan sekarang ini, tentunya udara sekitar dingin ya bun. Apalagi rumah mertuaku yang masih termasuk di daerah lereng gunung, nggak hujan aja udah berasa dingin udaranya. Apalagi saat hujan dan setelah hujan? Beeuuhhh... dingin brrrr banget.

tulang punggung terasa dingin

Waktu itu hari minggu, sehabis liburan di daerah lereng gunung yang udaranya juga uda dingin bareng temen juga ngajak si kecil abi sorenya mampirlah buat makan di tempat makan yang modelnya lesehan. Karena tempatnya terbuka sambil liat pemandangan alam sekitar yang mendamaikan hati juga pikiran (karena nggak ditemukan di kota) sambil terasa semilir angin beeuuhh.. asik banget.  Tapi pas waktu makan dah selesei, eh.. malah hujan deras plus angin. Udah gitu nggak reda-reda tuh hujan sampai hampir 3 jam pada menunggu hujan sambil kedinginan. Begitu nyampe rumah mertua (pas jatah nginep) pas masih hujan juga kondisinya. Tambah deh.. dingin menyengat kulit. Alhamdulilah dibikinin teh hangat sama ibu buat obat dingin, dan si abi sudah tertidur pulas sejak perjalanan pulang hingga rumah.

Waktu itu sampai rumah pukul 20.00wib. Semakin malam udara di rumah juga tambah adem, waktu mau nyusulin abi tidur uda lengkap aku pake selimut hangat juga baju tidur panjang. Awalnya sih cuma dingin biasa aja bun, sekitar kulit. Tapi makin malam ada yang aneh dari tubuhku. Udah selimutan bahkan uda plus badcover kok masih dingin aja bagian punggungku. Lama-lama badanku terasa gerah, tapi tulang punggungku terasa dingin sekali. Bahkan seperti terasa menggigil rasanya tulangku. Aku curhat sama suami, suami juga bingung harus nolongin gimana. Jungkir balik,bolak-balikin badan, sampai-sampai minta peluk si papy biyar nggak begitu kedinginan. Tapi, tetep aja nggak ngefek sama sekali. Aku sendiri juga bingung harus gimana, badanku terasa gerah tapi tulangku menggigil kedinginan. Tentunya sangat tidak nyaman bun rasanya.

Ya allah.. kenapa aku ini? kenapa dengan tulang punggungku? kenapa rasanya bisa sedingin ini? tapi kenapa juga tubuhku rasanya gerah? kenapa cuma tulang punggungku saja yang menggigil? Sambil tiduran dan sampai menangis aku bun waktu itu. Akhirnya suami berinisiatif buat ngusap-ngusap punggungku dengan tangannya saking nggak tega liat aku yang merintih bingung. Lumayan butuh waktu lama bun hingga akhirnya rasa dingin di punggungku menghilang. "Aduuhh.. mam, tangan papy sampai gempor ini buat ngusap-ngusap punggunge mamy. Uda kayak ngamplas aja" ucap suami becandain. Hehehe.. maaf ya pap, tapi berhasil kok pap, punggung mamy sekarang sudah nggak kedinginan" jawabku. "Hauufhh.. kalo nggak hilang berarti kebangetan tuh tulang, uda 2 jam lebih ngusap-ngusap masak masih mo nempel aja dingine" coment suami.

Sempat aku berpikir sendiri bun, masak ini sebab dari bekas anastesi waktu caesar? tapi kan sudah setahun, dan biasanya hanya nyeri biasa aja dan sebentar. Kenapa ini lama dan sampai menggigil ya?
Lalu pas jadwal ngontrolin mbahkungnya si abi, aku iseng tanya aja sama dokter bedah orthopedinya mbahkung. "Dok nimbrung tanya ya dok, kenapa ya tulang punggungku terasa kedinginan sampai menggigil padahal sebelumnya nggak pernah seperti itu? biasanya cuma nyeri sengkring-sengkring aja dan cuma sebentar dok". "Ibu pernah di anastesi di punggung? atau punya penyakit nyeri di tulang lain yang sama gitu? pernah kecelakaan? bisa jadi itu karena hal itu bu. Katalainnya efek samping dari trauma" jawab dokter. "Pernah caesar dok, dan bius lokal. tapi biasanya nggak pernah seperti itu kok dok, dan kemarin terjadi pas udaranya dingin dok. Apa ada pengaruhnya sama udara dingin dok?karena biasanya nyeri yang biasa tak rasa pas kecapekan dan udara dingin dok." "Seringnya sih gitu bu.. udara dingin jadi pemicunya". "Apa nggak nyeri neuropatik dok? tambah asisten dokter bertanya pada dokter ortopedi. "He'em, ini sih nyeri neuropatik tapi nggak bahaya kok, jadi nggak papa" tambah dokter.

Apa itu dok nyeri neuropatik? tanyaku kepo. Nyeri Neuropatik adalah gangguan atau penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri atau rasa sakit yang yang berhubungan dengan sinyal-sinyal saraf. Nah.. tulang punggung itu termasuk perantara sinyal saraf yang utama. Rasa sakit yang bisanya timbul ialah seperti terbakar, nyeri seperti adanya sengatan listrik, gatal atau rasa dingin seperti membeku,seperti tertusuk jarum/pisau. Nyeri ini bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti amputasi, trauma pasca operasi, pasca kecelakaan, toksis (akibat khemoterapi), metabolik (diabetik neuropati) atau juga infeksi misalnya herpes zoster pada neuralgia pasca herpes dan lain-lain. Nyeri Neuropatik ini bisa muncul spontan/tiba-tiba (tanpa stimulus) maupun dengan stimulus atau juga kombinasi. Lalu dok, gimana cara ngobatinya pas nyeri itu kambuh dok? tanyaku pada dokter. Kalo nyerinya sering dan continew ya biasnya tak kasih obat anti nyeri seperti asam mefenamat atau paracetamol. Tapi kalo cuma sesekali ya uda biarin aja. Ntar kan sembuh sendiri.

Iya juga sih dok, kemarin aku ngerasain dingin di tulang punggung itu sembuhnya aku minta bantuan suami buat ngusap-ngusap punggung baru hilang dinginnya, tapi ya itu butuh berjam-jam dok, sampe nggak bisa tidur akunya. "Lah.. itu beruntung ibu punya suami ada yang ngusapin punggung, kalo yang belum bersuami gimana jal? hahaha.." dokter ngebanyol dan semua tertawa (aku,mbahkung,asisten dokter,perawat dan pak dokternya sendiri). Oke deh dok.. terimakasih ya dok atas jawaban konsultasi pada bukan pasien ini, hihihi. Permisi pak dokter...

Dan rasa aneh kedinginan di punggung itu emang selalu muncul cuma saat aku jatah nginep di rumah mertuaku aja lho bun, tapi pas musim hujan aja seperti ini. Kalo di rumah sendiri nggak pernah ngerasain tulang punggung kedinginan, mentok cuma nyeri sengkring-sengkring aja pas kecapekan atau udara dingin karena rumahku daerah kota jadi udaranya nggak terlalu dingin kayak di rumah mertua.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya

2 comments

Pengalaman yang sama.
Aku menderita punggung terasa dingin walau cuaca panas sekali. Dan rasanya tidak nyaman.

Sudah 2 tahun lebih.
Namun belum ketemu apa penyebabnya.

Dokter umum sudah berganti orang, bahkan hingga salah injeksi yang menyebabkanku makin pusing dan nyeri lambung hingga tak bisa berjalan.

Lalu ganti dokter penyakit dalam dan berganti-ganti dokter ahli saraf.
Rasanya capek mencari pengobatan yang tepat. Capeknya ya capek dimarahi dokter. Karena hasil cek lab semua baik-baik saja.


Rasa dingin di punggung diserta lemas, tidak dipercaya dokter. DInasihati agar tidak mengingat-ingat dingin. Agar tidak stress dan sering refreshing.

Ya Allah... ga ada satupun yang membebani pikiran kecuali bila si dingin datang.

Bila kuterangkan keadaan yang kualami bukan sekedar merasa-rasa tapi beneran terjadi. Sama artinya mengajak tengkar sama dokter.

Sedih rasanya tidak dipercaya dokter.

Pijat alternatif saraf sudah kulakukan, tusuk jarum sudah. Minum berbagai herbal sudah.

Hem....harus baluran minyak kayu putih dan balsem terus...

bunda @anonim iya bun, kalo aq bermodalkan parem gosok sama mnt bantuan suami buat usap2 punggung. hihihi. kebanyakan dokter saraf dan ortopedi juga tidak mempercayainya kalo kita ngerasain dingin di punggung, jawaban dokter pasti cuma yang ada rasa nyeri bu bukan dingin. kalo rasa dingin ditulang nggak ada. huufhh.. tapi untungnya jawaban dokter satu itu berbeda, jadi sekarang tau deh


EmoticonEmoticon