Friday, January 5, 2018

Flu Singapura

Apa itu flu singapura? Mungkin bagi sebagian orang tua sudah tau tentang yang namanya flu singapura, tapi ada juga sebagian orang tua yang gaptek(gagap tekhnologi) atau gapin(gagap informasi) masih asing dengan istilah ini.

flu singapura


So, flu singapura adalah sebutan untuk virus yang menyerang anak (biasanya balita dan bayi) yang gejalanya diawali dengan demam (biasanya 2 hari sebelum menunjukan tanda lainnya), ruam2 di mulut seperti sariawan (agak lumayan banyak) dan muncul bintik2 merah di tangan dan kaki (terutama di bagian telapaknya). Virus ini disebut juga dengan HFMD.

Bagi bunda yang si kecil sedang terserang flu singapura ini nggak perlu khawatir yaa.. Karena ini termasuk sakit ringan kok, tidak membahayakan asalkan secara cepat dan tepat dalam penanganannya. Yapz bunda, bunda harus dapat membedakan bintik2 merah yang muncul di kulit sebagai tanda awal setelah ataupun sebelum demam dan sariawan muncul yaa.. Seperti yang uda momy abi alami kemarin, saat si abi terserang flu singapura. Tadinya aku nggak yakin, apakah bintik2 merah di kulit kakinya ini termasuk rubella, cacar air ataukah flue singapura. Karena bentuk awalnya kan hampir sama ruam bintik merah gitu..

Tapi beberapa jam tak amatin ternyata bintik2nya hanya muncul di area kaki, telapak kaki, tangan dan telapak tangan saja. Masih galau nih ceritanya momy saat mengamati setiap perubahan kulit si abi.. ini beneran flu singapura atau cacar air nih?? karena kalo rubella sudah bukan, karena nggak seluruh badan yang muncul bintik2 merahnya.. Eh, jam sudah nunjukin jamnya si abi bangun tidur. Setelah bangun, seperti biasaaa abi minta susu. Nah.. saat ngedotin si abi baru deh kelihatan, ada tambahan lagi ruam merah kayak sariawan di bibir bawahnya serta bintik2 merah dikit di sekitar area mulut abi. Kelihatan banget tuh bunda waktu itu, lalu di susul badannya abi demam deh.

Abi yang tadinya masih nafsu ngemil dan makan, tiba-tiba seperti kehilangan selera makan. Maunya cuma minum susu terus, tapi nggak mau makan. Naah.. makin yakin aja nih perasaanku kalo si abi kena flu singapura. Sebagai tahap awal sikap menanggulanginya tak kasih deh es batu dikit buat diemut abi, biyar mulutnya adem. Dasarnya si abi suka sama es, yaa malah minta lagi deh.. hehe. Bis itu ku beri dia penurun panas, karena demamnya sudah nunjukin angka 39 derajat. Naah.. yang agak susah ngobatin bintik2nya nih sama sariawanya. Mungkin bintik2 merah itu terasa gatal dan panas kali yaa si abi bawaanya garuk2 sama rewel terus. Bintik merahnya juga punya ciri tersendiri lho kalo flu singapura, karena di tengah bintik itu seperti ada matanya (mirip jerawat gitu tapi sedikit ada airnya bun) lebih tepatnya seperti bintik buah pace bun.

Keesokan harinya tak bawa deh si abi ke dokter anak. Saat diperiksa bu dokter, beliau hanya coment "jangan2 kamu terkena flu singapura yaa? oh.. iya kok bu, bintik merahnya ini bukan cacar air ya, hanya flu singapura saja. Nih sariawanya sudah banyak di mulut". Fyuuuhhh.. lega deh hati ini dengernya sambil batin "nahloh cepet amat sariawannya berkembangbiak, udah banyak gitu kata dokter pantes nggak mau makan sama sekali". Dari situ dapatlah si abi obat antibiotik, paracetamol dan untuk sariawan di gerus jadi satu kesatuan puyer bersaset. Juga dapat salep luar untuk ngobatin bintik2 merahnya. Manjur banget sih yah namanya juga obat dokter specialis anak yah, hehe.. Begitu pagi di olesin salep sama minum obat nahloh sorenya tuh bintik2 merah dah pada pecah semua bun.  Tapi kabar buruknya, habis pecah tumbuh lagi sebelah2nya. Nggak papa sih.. toh masih minum obat juga pake salep.

Hampir satu minggu sariawan sama bintik2 merahnya menghilang dengan sendirinya bun. Cuma kadang si abi kalo lagi merangkak gitu sering tiba2 berhenti dan ngliatin telapak tangannya sendiri. Kayak ekspresi masih kesakitan telapak tangannya buat tumpuan merangkak. Apus2.. tangannya sakit sayang? sini momy cium biyar cepet sembuh.. bis di sodorin tangannya dan ku cium, cliiingg.. udah deh sembuh. Langsung lanjut merangkak lagi. Hihihihi...

Bagi bunda yang si kecil terserang flu singapura tetap berikan asupan cairan ya bunda, meskipun ia nggak mau makan sama sekali. Paling tidak berikan susu dan air putih agar tidak dehidrasi. Lebih baik bawa si kecil ke dokter agar dapat pengobatan yang tepat dan agar nafsu makan si kecil segera pulih kembali. Semoga lekas sembuh.. ☺☺☺.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon