Saturday, July 28, 2018

Herpes atau Dompo pada Kulit

Pernah ngalamin kulit kita kayak timbul bercak merah berair dan rasanya gatal2 nyeri perih gitu nggak bunda? Huuuhhh... Pasti nggak nyaman banget deh rasanya. Apalagi kalo bagian yang sakit itu kena baju? Duhduhduh.. Perihnya bukan main.

Herpes/dompo


Yaappzz.. Yang bentuk kayak gitu tuh dinamakan penyakit Herpes. Atau nama lainnya disebut juga Dompo. Apa sih Herpes/dompo itu? Sebagian orang ada yang sudah tau ada juga yang masih asing sama nama penyakit kulit ini. Hmm.. Bagi yang belum pernah terpapar herpes pasti belum tau. Okee.. mom bocorin deh artinya. 

Jadi Herpes/dompo adalah penyakit kulit yang menyerang bagian tubuh bisa juga wajah,mulut serta alat vital manusia yang berbentuk ruam merah berisi cairan biasanya akan terasa gatal di kulit serta seperti melepuh pada bagian kulit yang terkena herpes/dompo. Penyakit ini di sebabkan oleh virus Varicella Zoster yang juga jadi penyebab cacar air. 

Nah.. Kalo Herpes itu bentuk ringan dari cacar air. Biasanya di tandai dengan timbulnya ruam,rasa gatal, nyeri dibagian yang terkena herpes, perih, dan kulit seperti melepuh serta terasa terbakar. Pertama-tama fase dari Herpes/dompo menyebabkan timbulnya ruam yang sangat nyeri pada salah satu sisi wajah atau tubuh. Ruam tersebut kemudian melepuh, pecah, lalu mengering dalam waktu 7-10 hari dan biasanya menghilang secara sempurna dalam 2-4 minggu. Sebelum muncul ruam, penderita Herpes/dompo biasanya akan merasakan nyeri atau gatal di area tubuh yang kemudian akan muncul ruam merah. Hal ini dapat terjadi 1-5 hari sebelum munculnya ruam.


Lalu kira2 Herpes/dompo ini menular nggak ya? Sebenarnya pada penyakit kulit ini yang ditularkan adalah virus Varicella Zosternya. Virus Varicella Zoster dapat menular melalui kontak langsung dengan cairan yang keluar dari lepuhan pada kulit penderita Herpes/dompo. Herpes/dompo dapat menularkan virus dalam fase tertentu saja yaitu ketika ruam berada dalam fase lepuh (muncul plenting-plenting berisi air). Sebelum lepuh keluar, orang tersebut tidak dapat menularkan virus. Setelah lepuh pecah dan mengering, orang tersebut juga tidak dapat menularkan virus.
Huuu.. cukup menakutkan juga ya bun, kalau deket2 sama yang lagi terkena Herpes. Penularan virus Varicella Zoster pada penyakit Herpes/dompo cenderung lebih kecil daripada cacar air. Risiko seseorang dengan herpes/dompo menularkan virus menjadi sangat kecil setelah ruam menghilang. Terus gimana donk supaya herpes/dompo biyar nggak menular? Terutama buat anak kita, kan kesian si kecil kalo sampai tertular? 


Jika bunda sedang terserang herpes/dompo bisa lakukan hal berikut:
  • Tutupi ruam yang muncul, dengan kasa atau kain bersih. 
  • Jangan menyentuh atau menggaruk kulit yang mengalami ruam.
  • Sering-seringlah mencuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyebaran virus.
  • Sampai ruam mengering, hindari kontak dengan ibu hamil yang belum pernah menderita cacar air, bayi prematur atau berat lahir rendah, dan orang-orang yang memiliki sistem imun yang rendah (misalnya, orang yang sedang menjalani kemoterapi kanker dan penyandang HIV).

Lalu apakah penyakit ini bisa di cegah bun? Jawabannya bisa yaitu dengan vaksinasi. Pemberian vaksin bisa dilakukan sejak masih anak2 juga bisa bagi para lansia serta orang yang memiliki imun rendah. Perberian vaksin tersebut berguna untuk pencegahan terkena cacar air sehingga bisa juga untuk mencegah herpes/dompo. Selain itu hindari berjoinnan barang dengan orang lain ya bun, kayak berjoin alat makeup,pakaian,gelas dsb.

Selain itu buat ngilangin nyeri akibat herpes bisa juga minum obat yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Karena untuk beberapa orang selain efek nyeri juga ada demam akibat herpes itu. Kompres luka dengan air hangat serta pakailah bedak gatal untuk mengurangi rasa gatal yang timbul akibat herpes. Dan jangan lupa jaga selalu kebersihan badan ya bun, biyar virus2 jahat nggak mau nempel. Hihihi.. Perasaan aku juga selalu jaga kebersihan badan deh,tapi kok tetap kena herpes juga yaa.. 🤔😁.




Untuk yang sedang terserang Herpes/dompo pengobatannya bisa dengan memberikan obat antivirus seperti acyclovir, falacyclovir, famcyclovir. Kalo saya biasanya pakai salep gentasolon bunda. Hahaha pengalaman pernah terjangkit herpes. Salep ini juga aman buat bayi/anak yang terkena herpes juga lho bun. Si abi sudah membuktikannya. Kalo ku liat ada ruam kayak herpes gitu timbul di badannya buru2 deh aku salepin gentasolon, sehari kemudian langsung mengering dan hitam. Tak ku ijinkan sampai timbul cairannya deh.. Kesian jadi rewel terus soalnya..

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon