Saturday, July 21, 2018

Perawatan dan Pengasuhan Anak Pasca Operasi Hygroma Colli

Sebelumnya mam abisha sudah menceritakan tentang apa itu definisi  hygroma colli dan pengalaman2 yang sudah dialami yang bersangkut paut dengan hygroma colli itu sendiri. Dari mulai sejak abi masih dalam kandungan sampai sudah pasca operasi dari hygroma colli itu sendiri. Yaahh.. begitulah, 2 tahun sudah waktu berjalan terlewati dengan indah.

Perawatan dan Pengasuhan Anak Pasca Operasi Hygroma Colli

Tak terasa sekarang si abi udah lari-lari, pergi maen sendiri dan yang pasti cerewet abis. Walaupun kosa katanya cuma masih sepenggal2 kata bagian belakangnya aja dulu.. Hahaha tapi itu sudah alhamdulilah banget. Anak dengan riwayat hygroma colli sejak dalam kandungan dan masih perlu tindakan lagi suatu saat nanti sudah bisa sepadan dengan teman sebayanya yang lahir dengan normal tanpa penyakit.

Yapp.. ceritaku berawal dari hasil speak2 sama bu dokter kandunganku dulu saat jadwal kontrol iud ku. Seperti biasa, bu dokter selalu menanyakan kondisi abi setiap kali aku absen kontrol. Gimana bu keadaan adek? alhamdulilah baik dan sehat bu. Hygromanya masih tumbuh? alhamdulilah sudah tidak berkembang dok,karena ukurannya masih tetap sama. Tapi tumbuh kembangnya bagus kan bu? bagus dok, tadinya aku sempat takut lho dok, kalo anakku bakalan sulit bicara, tapi ternyata bisa" aku cerita sambil di periksa dokter.

 Waahh.. bangus dong bu, sekarang cerewet ya malahan? beuuhh.. cerewet banget dok, dia juga mudah nangkep apa yang diajarkan. Bagus lho itu buu.. tapi semua itu bergantung sama cara pengasuhannya dan telaten bu. Kalo nggak telaten,sabar dan pengasuhannya kurang tepat ya tumbuh kembangnya nggak kan bisa seperti anak seusianya. Ibu hebat lho.. ni lho sus yang tag ceritain, anaknya lahir dengan hygroma colli tapi sekarang tumbuh kembang anaknya bagus normal. Cieeee... aku dipuji sama bu dokter,, jadi maluu.. 😳. Dari situlah aku berinisiatif membagikan cara perawatan dan pengasuhan bagi anak hygroma colli.

Merawat bayi hygroma colli itu emang nggak mudah, harus dengan pengawasan khusus. Sebaiknya sih dirawat di rumah sakit karena di sana akan selalu dipantau secara intensif segala sesuatunya seperti jantungnya,paru2nya, saat dia bernafas,organ dalam yang lainnya. Hygroma colli yang terjadi pada abi adalah keabnormalan saluran sistem limpa sehingga mengakibatkan penyumbatan dan tumbuh kantong berisi cairan limpha,nanah dan darah. Sehingga efeknya semakin abi minum sus banyak hygromanya juga semakin besar. Dan biasanya hygroma colli harus di operasi untuk menstabilkan sistem kerja organ yang abnormal itu.

Perawatan untuk anak setelah operasi hygroma colli:
  • Jaga selalu kebersihan dari luka pasca operasi dengan mengganti perban sehari 2x. Biasanya di beri salep/betadin juga dalam perban.
  • Mandikan bayi/anak sehari 2x agar badan tetap segar dan bila luka sudah kering dan lepas perban pakai sabun saat mandi untuk membersihkan bekas luka operasi.
  • Bila bayi/anak masih pakai selang OGT/NGT gantilah selang setiap 3 hari agar susu/makanan yang masuk ke tubuh bebas kuman.
  • Jauhkan bayi/anak dari asap rokok di rumah agar tidak menggangu pernapasan si kecil.
  • Berikan makanan yang bergizi seimbang.

Cara Pengasuhan yang tepat untuk anak hygroma colli:
  • Bunda harus ekstra sabar dalam mengasuh si kecil di rumah. Tetap tenang dan jangan depresi terhadap keadaan si kecil ya bun. Karena si kecil pasti akan sangat rewel bila luka pasca operasi terasa nyeri dan sakit.
  • Selain itu telaten adalah kunci utama dalam mengasuh anak hygroma colli. Karena hygroma si kecil akan memiliki keterbatasan fisik dalam melakukan suatu hal tertentu. Telaten menyuapi, memberi susu, walaupun akan susah si kecil saat makan dan minum, telaten mengurus luka.
  • Bunda harus aktif. Aktif dalam mengajak bicara, bercerita, bernyanyi, berpikir memberi tebak2an. Aktif dalam mengajarkan bicara,kosa kata dan belajar yang lainnya.
  • Sebanyak mungkin berikan waktu bunda untuk si kecil, kurangi bermain handphone dan televisi saat sedang bersama si kecil.
  • Berikan susu penunjang kecerdasan otak dan vitamin.
  • Jaga asupan gizi seimbangnya.
  • Berikan waktu dan perhatiannya sebanyak mungkin bagi si kecil. Bagi para ibu pekerja,sebaiknya merelakan pekerjaannya untuk hanya mengasuh si kecil di rumah akan lebih baik.

Semoga bermanfaat bagi para bunda2 yang memiliki si kecil yang spesial seperti aku 😇.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya

11 comments

Mba... saya farida. Anak saya juga pasien hygroma colli... bisa saya ngobrol sama mba. Besok anak saya operasi. Usianya baru 1 bulan... ini nomor hp saya. 0811811857. Terima kasih

Mba, saya tisya. Makasih ya mba sdh share ttng hygroma colli, terus terang saya mencari2 artikel ttng hygroma. Boleh tanya2 mba. Abisha operasi di RS mana ya dan dg dokter siapa? anak saya jg hygroma colli, sdh umur 18 bulan tp saat ini br tindakan terapi pake obat saja. Klo berkenan, boleh mom saya sharing seputar hygroma colli nya? Wa saya : 081219185275. Terima kasih sblmnya

Salam kenal bunda tisya, si abi operasi di rs kariadi semarang bun. Dg dr.bedah plastik dr. Natjatullah. Boleh bun share di wa, cek wa ya bun. Trmksh 🙏

Mam abisha,, anak saya udah operasi higroma colli tp masih bengkak kelihatan d leher y,,, waktu abisha setelah operasi apa langsung kempes,, mam boleh kah saya tanya2 ni no ea saya 08981433238

@mela.. Stlh operasi kempes bun, tp tumbuh lagi. Boleh bunda, cek wa ya 😊

Asslmkm bunda abisha..boleh kah saya sharing tntang hygromacolli..krna anak saya pun hygromacolli dan hrus d oprsi kdua kali nya..ini wa sya bun 085370048347..saya berharap bs bercerta dgn bunda abisha

Salam manis dr bunda Hanan ismail hygroma colli di MEDAN

Saya juga anak di diagnosis higromacoli tapi tengkorak kepala terbuka cukup lebar. Dan saya hanya bisa memoertahankan anak saya 4 bulan kandungan,saya paham dsekali perasaan ibu, sekarang saya cuma bisa mendoakan anak saya yang cantik

Doa terbaik buat si kecil cantiknya bunda.. Dan ttp semangat ya bunda 😘🤗

Assalamualaikum bun.. Anak saya juga baru oprasi karena higroma dan yang membuat saya semakin sedih setelah oprasi setiap hari lukanya harus dipencet untuk mengeluarkan cairanya,rasanya hati teriris setiap hari melihat anak saya nangis. Kalau boleh saya mau tanya2 bun 085809093862 ini no hp saya bun. Terimakasih.

Wa alaikum salam bunda, blh bunda dg senang hati. Cek wa ya bun.. ☺


EmoticonEmoticon