Wednesday, August 8, 2018

Mengenal Pola Asuh Sounding

Hai bunda, membahas soal perkembangan anak memang tidak akan ada habisnya karena saking banyaknya 😁. Berbagai macam hal tentang metode pola asuh, gaya belajar serta makanan yang di konsumsi menjadi topik penting tersendiri bagi orang tua terutama para ibu2. Dengan kolaborasi antara jaman old (mbah,eyang,buyut) dengan jaman now (kakak&diri sendiri) harusnya bisa menjadikan anak tumbuh dengan lebih baik. Harapannya anak akan tumbuh menjadi anak cerdas dan maju seperti jaman modern tapi tingkahlaku tetap sopan dan santun seperti jaman mbah,eyang juga buyutnya (amin) 🙏.

pola asuh sounding

Pola asuh menjadi salah satu kunci keberhasilan orang tua dalam mendidik anak. Dengan pola asuh yang tepat maka anak akan tumbuh dan berkembang lebih baik. Di artikle sebelumnya mam abisha sudah membahas tentang pola asuh sharenting. Naahh.. kali ini kita akan bahas tentang pola asuh Sounding. Apa sih pola asuh sounding itu? Banyak dari kita ada yang belum paham tentang pola asuh sounding bahkan juga bisa terasa asing. Sounding adalah proses pemberian kata2 positive tetapi dilakukan di pikiran bawah sadar yang akan sangat mempengaruhi perilaku anak sesuai dengan apa yang dikatakan.

Pola asuh sounding ini adalah cara yang sangat simple tetapi pengaruhnya luar biasa. Banyak yang sudah berhasil mengubah perilaku anak dengan metode ini. Sounding ini bukan seperti sugesti biasa, ini harus dilakukan dipikiran bawah sadar anak supaya bisa diterima dengan baik dan mengubah perilakunya. Lalu kenapa harus dipikiran bawah sadar? Karena perilaku seseorang dikendalikan oleh 88% PIKIRAN BAWAH SADAR dan hanya 12% pikiran sadar. Hasil penelitian ilmiah menunjukan bahwa semua manusia dilahirkan dengan otak yang sama. Dari pernyataan tersebut lalu muncul pertanyaan mengapa ada anak yang malas dan bodoh jika lahir dan diberikan dengan otak yang sama?

Penyebabnya adalah kesalahan sugesti yang secara tidak sadar diberikan orangtua untuk anak. Karena seringkali orangtua tidak menyadari bahwa ucapannya dapat membentuk perilaku dan sifat anak, apakah anak itu akan menjadi rajin dan pintar ataukah akan menjadi malas dan bodoh. Ucapan2 tersebut akan tertanam dan menancap di pikiran bawah sadar anak melalui sebuah sugesti. Dan jadilah seperti apa yang kamu ucapkan. Begitu dahsyatnya efek pikiran bawah sadar, jadi daripada kata2 negative yang tertanam pada anak lebih baik bunda pakai ini untuk membuat anak berperilaku seperti sugesti kita.

Sugesti yang bisa membentuk seseorang itu bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Cara sugesti pikiran sadar.
Yaitu mengatakan berulang2 kepada anak saat dalam keadaan sadar. Karena dalam keadaan sadar maka harus dilakukan berulang2 dan sesering mungkin.

  • Cara sugesti secara langsung dipikiran bawah sadar/sounding.
 Sugesti dipikiran bawah sadar jauh lebih efektif 88% dari pikiran bawah sadar  yang membentuk perilaku seseorang.

Supaya bisa melakukan sugesti dipikiran bawah sadar, maka bunda harus membuat anak ada dipikiran bawah sadar dulu baru bunda bisa kasih kata2 positifnya. Naahh.. untuk tau kapan anak pikiran bawah sadarnya aktif  itu saat 5 menit sebelum tidur pulas atau saat sudah tidur tetapi belum terlalu lelap. Ditandai dengan saat bunda sounding si kecil masih bereaksi. Tapi saat anak sudah tertidur pulas maka sounding sudah tidak bisa dilakukan.

 Adalagi saat dimana anak pikiran bawah sadarnya aktif yaitu saat anak lagi fokus  dengan sesuatu sehingga tidak menghiraukan perkataanmu. Justru saat itu saat dimana anak sedang dipikiran bawah sadarnya. Sebagai contoh saat si kecil lagi asyik bermain atau lagi asyik nonton youtobe, nah itu adalah waktu yang tepat untuk bunda bisa sugestikan yang positive ditelinganya. Semakin si kecil tidak sadar kalau bunda lagi ngomong, artinya ia semakin masuk kedalam pikiran bawah sadarnya.

Contoh waktu untuk pemberian sounding:

  • Saat sebelum tidur
Lihat tanda2nya bunda saat si kecil hampir bener2 terlelap nah cuuss.. langsung deh bunda kasih kata2 positifnya. Misalnya sayang bobok yang nyenyak ya sampai pagi, mimpi indah, biyar besok pagi bisa fit dan terus sehat. Atau sayang anak pintar besok sekolah harus berani yaa, bunda tunggu adek di rumah, besok bisa ketemu temen2 dan maen bareng pasti asyik. Ulangi terus sampai si kecil tertidur pulas. Sounding bisa dilakukan saat tidur siang dan malam.
  • Saat sedang asyik
Saat si kecil sudah terfokus berikan sugesti seperti sayang jadi anak yang rajin ya, jangan malas, harus sopan kepada orangtua dan nggak boleh melawan kata2 ya.. ulangi terus untuk beberapa waktu ya bunda.

Sounding juga memiliki segudang manfaat lho bunda, seperti:
  1. membuat anak tidur pulas.
  2. mengubah kebiasaan anak seperti ngempeng/ngenyot jempol.
  3. mengatasi anak rewel termasuk rewel karena takut ditinggal bunda kerja, takut sekolah, susah makan, dll.
  4. mengatasi anak yang sering tantrum.
  5. membuat anak lebih dekat dengan bunda meskipun ditinggal kerja.
  6. mengatasi anak yang terlalu pendiam.
  7. memotivasi anak untuk lebih percaya diri.
  8. membuat kakak lebih sayang kepada adik, dll.
Hmm.. ternyata banyak juga ya bun manfaat dari sounding 😊. Kayaknya ada tambahan satu lagi deh bun manfaat dari sounding, bisa membuat suami lebih sayang dan mau nurutin kemauan kita 😂😜.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon