Monday, September 17, 2018

Peran Ayah bagi Anak Laki-laki

Ayah adalah gambaran sosok super hero yang real juga idola bagi anaknya. Benerkan bun definisi singkat dari mam abisha tentang ayah? hehehe. Nggak cuma untuk anak perempuan, ayah juga bisa jadi idola dan superhero buat anak laki-laki. Di article sebelumnya mam sudah ngebahas tentang gaya asuh ayah pada anak nah sekarang nih mam akan ngebahas peranan ayah.

peran ayah bagi anak laki-laki


Selain ibu, ayah juga memiliki peran penting dalam mendidik anak. Tanpa peran ayah, anak akan menjadi kurang lengkap dalam pembentukan pribadinya. Terutama pada anak laki-laki yang kelak juga akan menjadi seorang ayah. Seiring berjalannya waktu anak laki-laki kecil yang tadinya bergantung pada ayahnya akan menjadi dewasa. Dan persiapan "perbekalan" harus dipersiapkan sedini mungkin agar kedepannya jadi manusia yang lebih baik dari ayahnya. Lalu apa saja sih yang anak laki-laki butuhkan dari ayahnya?

Peran Ayah bagi Anak Laki-laki:

  • Melihat ayahnya mencintai ibunya
Dengan melihat hubungan ayahnya yang mencitai ibunya akan menjadi keluarga harmonis, hal ini dapat berpengaruh baik untuk perkembangannya. Suasanya yang harmonis antara ayah dan ibu akan menjadi contoh baik untuk masa depannya.
  • Tidak hanya melihat ayahnya sukses tapi juga mengetahui cerita kegagalannya juga agar tahu bagaimana cara menangani kegagalan
Dengan menceritakan kegagalan yang pernah ayah alami juga, maka anak akan tau bagaimana cara bangkit dari kegagalan dan tidak mudah menyerah dalam melakukan sesuatu.
  • Melihat bagaimana ayahnya memimpin
Ayah adalah seorang kepala rumah tangga. Dan ayah cerminan pemimpin yang baik bagi anaknya.
  • Menepati janji yang diucapkan
Seorang laki-laki yang dipegang adalah kata-katanya. Dan janji adalah hal yang wajib di tepati, maka dari itu ayah harus selalu menepati janji agar kelak sang anak tidak suka ingkar janji.
  • Mencintai dirinya apa adanya
Mencintai anaknya dengan apa adanya tanpa pamrih juga maksud apapun, itulah seorang ayah.
  • Selalu memberikan afirmasi positif
Menjadi laki-laki harus tegas dalam bertindak, terutama dalam mengambil keputusan. Nah.. ayah juga harus selalu memberikan afirmasi yang positif ya bagi sang anak laki-lakinya.
  • Waktu untuk keluarga
Meskipun sibuk bekerja, ayah juga harus tetap memberikan waktunya pada sang anak. Bermain bersama, makan bersama dan melakukan kegiatan keluarga bersama adalah salah satu bentuk kasih sayang yang nyata dan penting.

Nah ayah.. yuk lakukan semua hal yang anak laki-laki butuhkan mulai sejak dini. Agar kelak dia menjadi laki-laki yang tangguh,bertanggung jawab serta lebih baik segalanya dari anda.. 😘.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon