Monday, November 5, 2018

Bercak Putih di Mulut pada Bayi dan Balita

Punya kasus bayi atau balita bunda  terdapat bercak putih di area mulut? Jawabannya sama bunda. Baru2 ini si abi juga ngalamin, mendadak ada bercak putih di area mulut ketika bangun tidur pagi hari (padahal usia abi sudah 2th lho). Awalnya aku kira itu sisa susu, cuz si abi kan sukanya ngenggeng susu sambil bo2k.

bercak putih di mulut bayi dan balita


Tapi pas bis mandi nah loohh kok nggak hilang juga? Padahal udah gosok gigi lho. Hmm.. Mulai penasaran deh si mamnya. Observasi dulu batinku, ntar siang kalo nggak hilang juga tag periksa kayak bu dokter gitu deh. Saking penasarannya nggak nyampe siang udah gatel nih tangan maw mreksa sendiri, tag bekep deh si abi sambil tiduran gitu(cuz nggak mau diem lari2 terus) tag suruh buka mulut  sambil ku usap pake kasa basah. Sapa tau sisa susu yang ngerak, eh.. Ternyata nggak hilang juga malah berdarah. Dah nangis kenceng banget tuh abi, akhirnya ku lepasin biyar diem dulu deh nangisnya.

Lanjut sambil ngajak becandaan pas ketawa tak liat lagi mulutnya pake senter hp, masya allah.. banyak banget ternyata putih2 di mulutnya. Tambah yakin deh, ini pasti jamur bukan hanya bekas susu aja. Sambil browsing2 nemu dah.. tanda2nya sama persis yaitu bercak putih di area bibir, pipi bagian dalam, lidah atas dan bawah, gusi serta langit2 mulut. Selain itu warna bagian kulit yang terkena jamur itu agak kemerahan. Hmm.. pantes aja si abi susah buat makan sama minum susu. Padahal biasanya dia hobi ngemil sama minum susunya kenceng.

Bercak putih ini adalah jamur Candida Albicans. Bercak putih ini tidak mudah dihilangkan dengan menyekanya menggunakan tisu atau kain, justru malah akan berdarah apabila dipaksa. Browsing2 sih jamur ini bisa hilang sendiri tapi butuh waktu. Haiihh.. nggak tega kalo cuma ngebiarin sampai hilang sendiri yang ada tambah kurus aja anakku ntar. Akhirnya aku bawa abi ke dokter spesialis anak. Taraaa.. bener deh, mulut abi terkena jamur dan sudah ada sariawannya sedikit 😞. Aku tanyalah penyebabnya tuh apa dari jamur ini. Dokter jawab bisa dari alat makannya yang kurang bersih juga dari daya tahan tubuhnya yang lagi lemah bu..

Langsung keinget sama dotnya si abi. Ada beberapa kempongannya yang berwarna bintik2 putih kecil yang aku kira itu bekas susu yang nggak bisa hilang waktu dicuci. Sampai2 kempongannya pada gripis kecil2 kayak giginya 😁. Ternyata.. mungkin itu juga jamur yang jadi penyebabnya (karena uda berhenti merebus dot sejak usia 1,5th). Terus sama dokter di kasih obat anti jamur Mycostatin. Cara pakainya obat di oleskan dulu sedikit di sekitar bibir sisanya baru di minumkan.

Sampainya di rumah langsung deh semua kempongan dot aku ganti yang baru biyar nggak ada sisa sumber penyebab kambuhnya lagi. Dan mulai ku rebus lagi deh dotnya setelah di cuci. Setelah 2 hari pemakaian obat emang ada bedanya bunda, jamur berkurang berangsur2 tapi bagian mulut,gusi dan lidah abi jadi semakin merah warnanya. Dan setiap aku usap bibir abi yang keliatan jamurnya gitu pake tisu langsung berdarah bibir abi. Ini karena efek obat mycostatin yang mengikis jamur sehingga lapisan kulit jadi menipis. 5 hari pemakaian obat tapi masih belum bersih juga, sempat was2 mau aku kontrolin lagi, tapi suami suruh observasi dulu beberapa hari. Dan ternyata di hari ke 7 jamur di mulut abi udah hilang semua (alhamdulilah).

Perlu di perhatikan ya bunda, bila penggunaan obat Mycostatin ini sudah 1 botol tapi belum hilang juga sebaiknya jangan nambah lagi tanpa resep dokter. Sebaiknya di observasi dulu selama 2-3 hari. Jika masih belum hilang juga bawa kontrol lagi ke dokter anak. Dan terkadang abi pun saat gosok gigi masih keluar darah dari mulut dan gusinya (efek samping) dari terkikis jamur. Serta jaga selalu kebersihan mulut serta alat makan/minum anak.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon