Tuesday, November 13, 2018

Mengenal Karakter dari Masing-masing Generasi

Di jaman modern ini tentunya tidak asing dengan istilah Generasi ya bunda. Sudah tau belum artinya Generasi itu apa? Hihihi pastinya sudah tau kan? Generasi adalah angkatan atau keturunan atau golongan. Yapz.. kita manusia di kenal memiliki beberapa generasi yang memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda-beda.


Macam Generasi

Salah satu generasi yang lagi booming saat ini adalah generasi Milenial karena mereka dianggap generasi paling produktif saat ini dan memegang peranan penting bagi kemajuan teknologi dan kehidupan, serta membawa masa depan Indonesia untuk beberapa tahun ke depan. Beberapa macam generasi tersebut di bedakan berdasarkan kategori tahun lahir, yaitu:

Macam-macam Generasi:
  • Pre Baby Boom atau generasi veteran (lahir 1945 dan sebelumnya).
Tahu kan generasi ini? dimana bangsa kita masih masa2 perjuangan. Dan mereka yang hidup pada generasi ini adalah pahlawan bangsa.

  • The Baby Boomers (lahir antara 1946-1964)
Mereka yang lahir di generasi ini adalah termasuk pejuang mempertahankan kemerdekaan bangsa. Generasi ini cenderung hidup mandiri, mereka memegang teguh adat istiadat sehingga cenderung kolot, namun sangat matang dalam pengambilan keputusan karena pengalaman kehidupan yang pernah dilalui. Generasi ini cenderung tidak suka menerima kritik, sedangkan uang dan pengakuan dari lingkungan adalah target mereka.

 Generasi Baby Boomers ini adalah pekerja keras dan loyalitas serta berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya. Mereka juga sangat peduli terhadap keturunannya. Mereka tidak ingin anak2nya merasakan kesusahan yang dirasakannya saat masa2 kemerdekaan. Sehingga orang2 generasi ini cenderung menghabiskan penghasilannya untuk membeli tanah, rumah, kendaraan dan sisanya ditabung sebagai warisan untuk anaknya nanti. 

  • Generasi X (lahir antara 1965-1976)
Berkat warisan dan didikan dari generasi sebelumnya, maka pemikiran mereka sedikit lebih maju. Mereka cenderung suka akan risiko dengan pengambilan keputusan yang matang. Dibanding generasi sebelumnya, Generasi X sangat terbuka dengan kritik dan saran demi terwujudnya efisiensi dalam bekerja. Dengan masih mengadopsi karakter dari orang tuanya yang mencari uang demi keluarga, bedanya generasi x ini mereka mulai akrab dengan investasi. 

Berkat didikan generasi Baby Boomers, generasi ini memiliki ketekunan dalam bekerja, mereka ingin lebih sukses dari orang tuanya sehingga sebagian dari mereka mulai memiliki jiwa pengusaha. Apalagi, generasi ini juga mulai mengenal yang namanya komputer sehingga mulai berpikir secara inovatif untuk mempermudah kehidupan manusia.Mereka mulai sadar akan pentingnya dana pensiun untuk masa depan sehingga mereka cenderung menggunakan uang yang dimiliki untuk modal usaha, biaya anak, membeli kendaraan dan membeli properti.

  • Generasi Y atau Generasi Milenial (lahir antara 1977-1997)
Nggak asing kan bunda dengan istilah ini? Termasuk mam abisha juga nih di dalam generasi ini. Generasi Y atau yang lebih akrab dengan sebutan generasi millenial adalah generasi yang lahir di saat teknologi sedang berkembang pesat. Kehadiran komputer, video games, gadget, dan smartphone yang tersambung dengan kecanggihan internet membuat generasi ini mudah mendapatkan informasi secara cepat.

Pola pikir dari generasi ini bisa dikatakan penuh ide2 visioner, inovatif untuk melahirkan pengetahuan dan penguasaan IPTEK. Mereka cenderung ambisius dalam bekerja. Umumnya mereka kerja kantoran, dan membuka bisnis sendiri. Mereka memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi. Keseimbangan gaya hidup dan pekerjaan menjadi hal yang paling penting bagi mereka Generasi Y. Karenanya, mereka cenderung mencari pekerjaan yang dapat menunjang gaya hidup. Jika tidak, mereka cenderung berhenti dari pekerjaan tersebut.

Karena terlahir di era globalisasi, generasi milenial cenderung bersifat konsumtif.  Mereka banyak menghabiskan uang yang dimiliki untuk membeli gadget keluaran terbaru, membeli kendaraan, jalan-jalan dan kuliner. Namun, mereka mulai sadar akan pentingnya properti untuk keluarga, oleh karena itu banyak juga dari mereka yang mengambil KPR atau KTA untuk rumah maupun apartemen (hehe bener banget itu mah..).

  • Generasi Z atau iGenerasi sering disebut juga Generasi Net (lahir antara 1998-2010)
Generasi ini adalah peralihan dari Generasi Y dimana teknologi sedang berkembang. Pola pikir mereka cenderung serba ingin instan. Kehidupan mereka cenderung bergantung pada teknologi, mementingkan popularitas dari media sosial yang digunakan. Selain media sosial, Generasi ini sangat gemar melakukan transaksi belanja secara online karena dinilai praktis dan bisa dilakukan di mana saja.

Kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, membuat generasi ini juga mudah untuk mendapatkan uang secara instan. Bukan hanya dari pemberian orang tua tapi hasil berselancar internet dengan media social dan kreativitas mereka masing-masing. Tak heran banyak anak yang belum kerja formal sudah memiliki penghasilan sendiri.

  • Generasi Alpha atau Generasi Alfa (lahir antara tahun 2010-2024)
Sejak lahir mereka sudah hidup di dunia dengan perkembangan teknologi yang pesat. Gadget sudah menjadi bagian dari hidup mereka sepenuhnya. Mereka tumbuh dengan iPad di tangan, tidak bisa hidup tanpa smartphone dan mampu mengoperasikan gadget hanya dengan mengenali tombol2. Perubahan teknologi yang masif ini membuat anak Generasi Alfa sebagai generasi paling transformatif.

Kemajuan teknologi yang pesat ini ke depannya akan mempengaruhi mereka mulai dari gaya belajar,materi yang dipelajari di sekolah, sampai dengan pergaulan mereka sehari-hari. Ruang dan waktu tidak akan lagi menjadi batasan,jarak semakin tidak berarti, dan pergaulan tidak lagi ditentukan dari faktor lokasi. Dari semua yang mereka dapatkan, maka Generasi Alfa ini menjadi lebih cerdas dibanding generasi2 sebelumnya. 

Generasi ini juga paling berpengaruh dalam kehidupan manusia. Dengan umur mereka yang masih sangat muda, mereka mempengaruhi putaran ekonomi dunia. Menurut ahli strategi pemasaran  Christine Carter generasi Alafa menghabiskan 18 juta dolar per tahun hanya untuk konsumsi mainan, pakaian, dan perangkat teknologi baru yang cuma ada di jaman ini.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon