Wednesday, October 30, 2019

Ciri-ciri Bibir & Kulit Kering

ciri bibir & kulit kering

Musim kemarau telah tiba lebih tepatnya sedang kita lalui sekarang ini. Walaupun sudah bulan oktober tapi belum ada tanda2 musim hujan datang nih cuma sesekali doank hujan lewat, alamat kemarau agak panjang ya..

Well,, musim kemarau identik dengan kering ya bun. Entah udara kering,tanah kering,begitu juga dengan kulit kita juga ikut2an kering. Tak terkecuali juga kulit anak kita (si abi), walaupun masih usia 3th tp ada beberapa kulit abi yang ikutan kering juga.
Fokusnya di bagian bibir.

Saking keringnya, sampe2 mengelupas. Dasarnya anak2 kalo kulit bibir ngelupas pasti tangan gak bisa diem. Usrek dan sibuk di titilin alias di kletek'i.  Setiap saat, setiap waktu kalo bibir terasa kaku dikit pasti tangan langsung bekerja. Alhasil bibirnya si abi keluar darah. Hauufhh... Nasehat,omelan sang mama pun gak kan berpengaruh. Lama kelamaan, cuma kesenggol aja bibir si abi langsung keluar darahnya, bahkan pas mimik susu pake dot kadang2 juga keluar darah sendiri dari bibir. Huuffhh.. Sedih 😢.

Biasanya untuk mengatasi bibir kering pada anak,cukup dengan di olesi lipblam pada bagian bibirnya saja. Dengan lipblam bibir akan jadi lebih lembab dan tidak kering.

Bdw, bibir kering merupakan salah satu tanda dehidrasi anak dan kekurangan asupan vitamin lho bunda. Anak yang bibirnya sering kering walaupun sudah di kasih lipblam bisa jadi anak bunda sedang mengalami dehidrasi. Perbanyak anak untuk minum air putih. Karena air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya melembabkan kulit tubuh manusia tak terkecuali juga kulit bagian bibir.

Namun bila asupan air putih pada anak sudah mencukupi tapi  kulit bibir masih tetap kering, bisa berarti tubuh kekurangan asupan vitamin. Terutama asupan vitamin A dan B khususnya vit B2, B6, dan asam folat. Selain karena dehidrasi, kekurangan vitamin masih ada satu lagi penyebab kulit bibir jadi kering bunda yaitu penyakit kawasaki.

Apa itu kawasaki? Kawasaki adalah Suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada dinding beberapa pembuluh darah dalam tubuh. Peradangan ini cenderung terjadi di arteri koroner yang menyuplai darah ke otot-otot jantung. Selain efeknya pada arteri, penyakit kawasaki juga mengenai kelenjar getah bening, kulit, serta membran mukosa pada mulut, hidung, dan tenggorokan.

Penyakit ini termasuk penyakit langka. Dan ini paling umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Tenang bunda, penyakit ini bisa di obati kok. So, ciri2 lain dari penyakit kawasaki ini adalah pada stadium awal berupa ruam dan demam. Gejalanya berupa demam tinggi dan kulit mengelupas. Pada stadium akhir, ada peradangan pembuluh ukuran darah menengah (vaskulitis). Kondisi ini juga memengaruhi kelenjar limfa, kulit, dan selaput lendir, seperti di dalam mulut.

Gejala lainnya bisa berupa nyeri di area perut/sendi, muntah, diare,denyut jantung cepat, iritabilitas, mata merah, pembengkakan dan benjolan di lidah berwarna merah, pembengkakan kaki, pembesaran kelenjar getah bening di leher atau telapak tangan merah. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Dengan semua gejala yang ada, maka dokter akan melakukan pemeriksaan melalui darah dan urin, bisa juga melalui x-ray. Lalu pengobatan akan dilakukan dengan Pemberian obat imunoglobulin secara intravena (IVIG). Serta di lanjutkan dengan pemberian aspirin untuk membantu meredakan nyeri dan demam serta menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah.

Nah bunda, jadi bergantung fase seberapa parah keringnya kulit anak dan apakah di sertai gejala2 dari masing2 diagnosis penyebabnya ya.. Tapi perlu diperhatikan adalah, perbanyak minum air putih itu penting!! Walaupun ada sebagian orang juga yang gak terlalu suka minum air putih.

So, kesimpulannya air putih itu murah2 mahal ya bun.. 😂.. Murah karena mudah di dapat, tapi mahal untuk kesehatan yang kekurangan minum air putih..



Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon