Tuesday, April 28, 2020

Tips menjaga si kecil dari virus corona

Tips menjaga anak dari virus covid19

Seperti yang kita ketahui, wabah corona sekarang ini sedang melanda dunia. Yaaa.. Virus lama dari hewan yang bermutasi menjadi wabah virus baru yang menyerang manusia. Apa itu virus Corona?

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut dengan COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Virus ini tak pandang bulu, dapat menyerang siapa saja baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Lalu apakah virus ini berbahaya? WHO telah menetapkan pandemi virus ini sebagai darurat sipil. Karena penularannya yang sangat cepat dan banyak menyebabkan kematian. Sayangnya vaksin untuk virus ini belum juga di temukan,padahal pandemi ini sudah sampai ke seluruh dunia. Akibatnya banyak negara2 di dunia yang menerapkan sistem lock down untuk mencegah/memutus rantai penyebaran covid-19 ini. Tanpa terkecuali negara kita tercinta indonesia.

Namun bedanya, di indonesia ini masih menerapkan sistem lockdown wilayah saja. Artinya tidak semua wilayah di lockdown,hanya wilayah tertentu yang sudah masuk zona merah alias zona bayak kasus covid19. Virus juga akan mudah masuk dan menyerang tubuh manusia yang memiliki imun lemah. Lagi sakit atau sekedar masuk angin pun virus langsung mudah masuk sleepppp ke dalam tubuh kita.

Lalu bagaimana sih caranya agar virus tidak mudah masuk ke tubuh? Terutama buat si kecil? Beberapa tips akan mami abisha jabarkan deh..

1. Berikan makanan bergizi buat si kecil ya bunda. Pemberian sayur,buah,daging dengan seimbang akan membantu sistem imun si kecil tetap kuat. Hindari pemberian makanan cepat saji ya bunda..

2. Cuaca sedang tidak menentu juga kadang hujan kadang panas, naah.. Saat hujan jangan biyarkan si kecil terlalu sering bermain hujan2nan ya bunda. Jika udara dingin bisa mandikan si kecil dengan air hangat agar tidak masuk angin.

3. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan biasakan si kecil untuk rajin cuci tangan dengan sabun.

4. Berikan pula multivitamin untuk si kecil agar memperkuat kekebalan sistem imunnya. Kalo si abi sih aku kasih imbost bun..

5. Untuk sementara waktu, usahakan tetap di rumah saja. Tidak perlu keluar rumah dengan si kecil jika tidak ada keperluan yang penting.

6. Saat harus terpaksa keluar rumah, selalu gunakan masker dan selalu jaga jarak dengan yang lain.

Itu beberapa tips menjaga si kecil agar terhindar dari covid19 yang mami abisha berikan. Dan semoga pandemi ini cepat pergi, amin. Yuk tetap semangat menjalankan ibadah puasa juga bunda2 semua.. Jangan lupa jaga kesehatan dan minum multivitamin.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon