Saturday, June 20, 2020

Tips untuk Anak yang Susah Makan

tips anak susah makan

Hay bunda.. Sudah mengalami si kecil yang mulai susah makan? Atau si kecil yang mulai nggak suka dengan sayuran? Hmm.. Banyak dari para bunda2 yang stress karena itu..

Tenang, tak perlu kawatir bun, mam abisha ada tips sedikit untuk memecahkan masalah tersebut. Dari mulai gerakan tutup mulut dan melepeh makanan(kalo orang jawa bilang). Hal itu sudah biasa dilakukan si kecil, terutama saat si kecil mulai berusia 2th. 

Pengalaman terhadap abi.. Mulai usia 2 th dia sudah mulai susah makan, maunya ngemiiiillll mulu sama minum susu. Hufh.. Dulu awal2 sih sempet2 pusing ya, karena hampir 2 bln abi nggak mau makan nasi. Maunya makan roti(kayak orang bule ya) dan cemilan2 ringan lainnya. Itu pun nggak banyak yang di makan. Gimana mau dapat asupan vitamin coba kalo makannya gitu mulu 😔.

Hmm.. Akhirnya inisiatif aq kasih nafsu makan. Beberapa merk penambah nafsu makan anak yang beredar di pasaran ternyata tidak berpengaruh apa2 untuk abi. Alias nggak ngefek sama sekali bun. Duuhh.. Terus gimana jal? Akhirnya si papa ngasih saran. Coba deh mah.. Kasih madu, produk herbalan aja. Pas waktu pulang kerja di bawain tuh sebotol madu Vitabumin, ku cobalah.. Dan  alhamdulilah cocok. Rasanya yang manis madu dan tidak enek untuk anak2 sangat suka.

Si abi mulai mau makan, tapi tetep denga  roti. Hmm inisiatif aq bikinin sanwich aja. Kan si abi sukanya roti tuh, tambahin selai aja.. Tapi selainya bikin sendiri. Dari campuran buah dan sedikit sayuran yang di blender lalu tambah dengan gula pasir. Terus di masak dan di aduk2 sampai agak mengental, lalu tambahkan air tepung maizena sedikit sampai mengental dan angkat lalu dinginkan. Buat olesan/isi roti. Dan taraaa... Sanwich ala mam abisha jadi.

Trick lainnya agar abi mau makan nasi, meskipun nggak mau makan nasi adalah dengan membuat omlet (arena tiyap liat nasi dia akan langsung nangis kejer menolak nasi). Yups.. Aq bikinin omlet nasi bun. Caranya: campurkan sedikit nasi,parutan wortel,bayam cincang,dan tahu yang di haluskan ke dalam mangkuk. Taburi garam dan gula lalu di campur dengan telur. Aduk rata lalu goreng sampai matang deh. Angkat dan omlet nasi telur sayuran dah jadi, abi lahap makannya. Dan bisa habis banyak, karena nasi yang nggak kelihatan nasinya 😁.

Kalau anak suka sosis/bakso, bisa ditambahkan juga saat proses aduk semua bahannya bunda. Simple kan bunda? Itu tips sederhana dari mam abisha, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.. 

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya


EmoticonEmoticon