Wednesday, September 27, 2023

Adaptasi sekolah baru #part2

Cerita lanjutan dari cerita-adaptasi-di-sekolah-baru-anak 


 Habis jemput sekolah si abi, beuuhh... panas nyaaa... 
Semarang lagi hot nih bun, tempat bunda gimana??


sekolah baru anak hygroma colli


Lanjut ke cerita si abi di sekolah baru nya yaahh.. yuk cuzz 😋.

Jadi cerita berlanjut di hari ke-3 matsamanya abi ya bunda. Seperti biasa pulang sekolah pertanyaan dasar tentang bagaimana tadi di sekolah? terus di susul pertanyaan2 lain dari si emak.

Naahh.. masuk ke lanjutan cerita tentang 3 orang teman sekelasnya yang kemarin membully. "Hari ini pada gak ngejek ock mam, malah pada minta maaf ke abi". "Mungkin di marahin bu guru dek,jadi sekarang pada minta maaf" kataku. "Enggak mam,gak tau. tiba2 pada minta maaf bareng2 ock.bilang gini.. aku minta maaf ya sambil salaman,terus abi jawab yaa gak apa2". "Yah bagus donk klo gitu,jadi bisa maen bareng kan sekarang"kataku. "yaa.. iya sih".


Hari selanjutnya lancar2 aja, eh hari ke-10 pulang sekolah mulai cerita pembullyan lagi.
"Tadi tow mam, aku di pukul sama ken.. gak tau kenapa tiba2 aku di pukul pake topi di kepala.Waktu abi lagi duduk nulis tau2 topi abi di tarik terus di pukulin abi ock. terus ken nya lari". Emak mendengarkan cerita sambil agak geregetan " lha kamu bales gak?". "Tak balas tapi agak lama,nunggu ken masuk kelas dulu tadi. "yawesss.. gakpapa yang penting kamu bales". 


Hari selanjutnya,, cerita lagi "tadi di pukul lagi mam sama ken 2x. pas abi nulis di pukul pake buku di kepala, terus juga di pukul di tangan juga. Ken mukule mesti pas abi gak liat ock mam". Tanyaku tetep sama " kamu bales gak?". " Tak bales pukul di tangan,tapi ken malah bilang geli ock mam gak sakit. padahal abi dah banter lho balesnya". "Bilangin bu guru aja,klo mukul". "Udah mam,ken juga udah sering di marahin bu guru karena bicara jelek mam". Si emak "hmmm... " sambil berpikir.


 Hari selanjutnya masih dengan laporan cerita sama lagi, di pukul sama ken. Dalam hati "nih anak kenapa sih sebenere kok mukulin mulu?? "🙄. " Lha kamu gak tanya sama ken? kenapa tow kok mukulin aku terus?. Kalo ini sih namanya udah bukan iseng dek,tapi bully kamu lho.. soale terus2an loh udah 3hari ini". "Gak tau tuh mam..".


"Lah awalnya tuh kenapa kok ken jadi mukul kamu kih?". "awalnya tuh ken marah mam sama abi,karna abi bilangin gak boleh keluar kelas pas jam pelajaran. kan abi ketua kelas mam,jadi abi ngasih tau. tapi ken malah marah2 terus mukul abi". Owalaahh... gitu ceritanya.. "tapi kok ken jadi terus2an mukul tanpa sebab gitu sih.. "iya gak tau mam, sakit mam di pukul ken". Yaiyalah.. namanya juga di pukul pasti sakit.

 
Hari selanjutnya sabtu, pulang sekolah di jalan dah cerita lagi. "Mam tadi abi di pukul ken lagi di kelas 2x. di pukul pake botol minum di kepala, udah abi bales. terus mukul lagi di kepala sambil teriak bacookk gitu mam. sakit banget mam,sampe abi nangis di kelas tadi". "Mukule yang terakhir pake apa?". " Pake tangan mam,tapi banter banget sampek kepala abi pusing juga sakit banget".  ðŸ˜±Bilangke bu guru tooww...

"Bu guru liat ock mam,terus di marahin bu guru. Bu guru bilang gini " aku gak mau ya punya murid yang bicara jelek sama suka mukul2 gitu". terus duduk e abi di pindah jauh dari ken". Bu guru malah bilang gini ock mam ke abi " bi,besok ikut ekstra taekwondo aja,biyar kalo bales lebih kuat". Wkwkwk.. denger coment bu guru malah geli akunya.


 Nah.. bener juga, langsung dapet japri dari bu guru bilang minta maaf karna ada temen kelas abi yang nakalin abi tadi. Karena sepertinya tuh anak gak mempan cuma di bilangin bu guru,jadi aku inisiatif japri mama nya ken bun. Eitss... tapi tetap gak pake marah2 loh ya bun 😇. Dengan sopan aku minta tolong buat mama ken, nasehatin anaknya buat gak mukulin abi lagi. Daaann... di jawab tuh sama mamanya, minta maaf atas perlakuan anaknya. terus jelasin,emang anaknya tipe seperti itu suka cari masalah buat cari perhatian 🤦‍♀️.

 Keinget coment bu guru yang nyuruh ikut taekwondo, terus aku bilangin aja si abi. "Dek kelamaan nunggu ikut taekwondo di sekolah. Dah.. sini mamy ajarin aja dulu buat kamu biyar bisa bales ken kalo ken mukul lagi besok. tapi inget ajaran mamy ini cuma boleh di pake klo buat bales orang yang mukul kamu duluan. janji yaa...". "yaa.. mau mam, janji" abi bersemangat.


Singkat cerita, 2 hari si abi aku latih beladiri seadanya versi emak. Mirip kek cerita di anime Spy X-Family yang Yor Roger melatih anya biyar gak di gangguin temen sekelasnya 🤣. Aku "Kalo ken mukul kamu terus dia lari,kejar aja tanganmu ke depan tarik bajunya terus bales pukul". Di jawab sama abi " ya mam.. tapi kalo narik baju,nanti yen baju'e ken sobek gimana mam?". Hmmm...
"klo ken mukul pake alat entah buku/botol/topi lagi,kamu kan lagi nulis tow bales aja pukul pake buku gakpapa". "nanti kalo bukune sobek gimana?". Wkwkwk... saran bar2 dari emak di patahkan mulu. Tapi bagus juga sih abi bisa mikir gitu,eman2 kalo sobek gimana??
coba aja klo aku yang di gituin,pasti udah gak pake mikir langsung bales pake apa aja seadanyaa.. wkwkwk.


Lanjut di hari senin, penasaran aku apa masih di pukul lagi sama ken. Belum sampe tanya,abi dah cerita duluan. " Tadi di pukul ken lagi mam, tapi abi bisa menghindar". Waaahh kok bisa gitu? cerita2 donk..
"Jadi tadi pas abi lagi cerita2 sama temen2,tau2 ken mukul tapi sebelum dia mukul abi kayak dah liat duluan jadi tangannya ken bisa abi tangkep. kayak ajarannya mamy itu loh.. terus tak pukul balik di tangan. pokoknya pake ajarannya mamy kemarin. Baru 1x pukul mam, ken udah minta maaf sambil nangis. terus ken cerita, aku kemarin di marahin ibuku ock gara2 mukulin kamu. Jadi aku sekarang marah banget,makanya mukul kamu. Pas ken udah mau pergi tow mam, malah altan bilangin ken. kok gak kamu pukul lagi tow ken abi? pukul lagi aja.. tapi ken jawab, gak mau.. sakit ock di bales abi. haaa cemen kamu ken,gitu kata altan. Terus ken marah ganti mukul altan sampe nangis altane". 
Naahh... gitu, ken jadi gak gangguin kamu tow.. kalo kamu berani bales lebih.


Terus hari selanjutnya tetep tak tanya, ken masih mukul lagi gak? di jawab abi udah enggak, tiyap altan nyuruh ken mukul abi ken gak mau mam. Tadi aja ketabrak abi pas main lari2, tak kira ken meh marah ock ternyata gak mam.. abi bilang maaf ya,gak sengaja terus ken jawab iya gakpapa. Padahal biasanya kalo temen lain gak sengaja aja langsung di pukul mam sama ken. Tapi kalo sama abi gakpapa". Lahh.. brarti sekarang ken ganti mukulin yang lain? iya.. tadi aja yusuf sama aska gak sengaja langsung di pukul. Naahh... benerkan kata mamy, klo kamu di pukul harus berani bales karena kalo gak, pasti kamu terus2an di pukulin kayak kemarin. Sekarang udah gak berani ganggu lagi tow ken...
"Iya mam.. hehehe" sambil merenges si abi nya.


Di minggu selanjutnya, ganti ada cerita kalo ada anak kelas 5 yang datang ke kelas abi cuma buat liatin abi terus ngejek abi " tuh loo.. jelek tow??" bilang gitu ke temennya. "Emang berapa orang?". " 3 orang mam,tapi abi cuekin aja. terus ada anak kelas 2 bilangin ke kelas 5 itu, gak boleh gitu.. jahat itu namanya,terus anak kelas 5 nya di suruh pergi". sekarang abi jadi punya temen anak kelas 2 mam..


Banyak cerita yah bun.. alhamdulilah si abi punya hati besar dan bisa cuek dengan bullyan kata2. Masalah seperti ini udah umum terjadi ya bun di lingkungan sosial. Soo.. kita sebagai orangtua yang punya anak sedikit spesial harus berhati dan bermental baja. Tanamkan juga ke anak supaya cuek dengan ejekan2 yang pasti selalu ada di setiap tempat, terutama tempat baru.


Note: mengajarkan membalas perbuatan jahat teman tidak selamanya jelek ya bun. Ini lebih ke pembelaan diri, agar anak kita tidak jadi bahan bullyan teman2 nya jika pas di jahilin cuma diam saja. okee.. kalo cuma perkataan tidak perlu di balas, tapi jika sudah main fisik, sebaiknya ajarkan si anak untuk membalas agar tidak terus menerus.


Yaahhh.. sekian dulu cerita adaptasi sekolah barunya si abi bersama teman2 barunya. Untuk sekarang udah akrab semuanya 1 kelas buat main bareng tanpa ejek2an lagi 🥰🥰.


Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya

This Is The Newest Post

2 comments

Hallo bun boleh minta no WA? Sya mw tanya2 seputar hygroma colli


EmoticonEmoticon